Sabtu, 01 Jun 2019 02:21 WIB

Mudik Bawa Kendaraan Sendiri? Ingat, Sempatkan Istirahat Tiap 4 Jam!

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kelelahan bisa menyebabkan mengantuk (Foto: Yudha Maulana) Kelelahan bisa menyebabkan mengantuk (Foto: Yudha Maulana)
Jakarta - Kembali ke kampung halaman atau mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tahun ini, cukup banyak masyarakat yang memilih untuk mudik melalui jalur darat, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono, MKes, juga berencana mudik ke kampung halamannya di kota Semarang, Jawa Tengah, pada lebaran nanti.

Untuk mengantisipasi padatnya jadwal kerja, ia akan mudik ke Semarang menggunakan pesawat. Akan tetapi pada kesempatan lain saat ia bisa pulang ke Semarang, Anung selalu menyempatkan menyetir sendiri dari Jakarta.



"Kalau pulang ke Semarang biasanya nyetir sendiri. Kalau (pergi) dari Semarang ke Jogja, Temanggung, itu juga nyetir sendiri," ceritanya saat berbincang dengan detikHealth di Gedung Kemenkes RI, Jumat (31/5/2019).

Oleh karena itu ia memberikan tips bagi para pemudik yang berencana akan pulang ke kampung halaman membawa kendaraan pribadi. Yang pertama adalah mempersiapkan untuk istirahat yang cukup dari awal agar tetap bugar selama perjalanan.

Kemudian sebagai antisipasi meski mudik dalam keadaan berpuasa, sediakan air minum dan/atau buah yang mengandung banyak air. Anung sendiri biasa membawa buah jambu atau jeruk sebagai konsumsi saat perjalanan.

"Dan pastikan maksimal 4 jam kita berhenti, istirahat meski hanya 15 menit untuk mengganti suasana pandangan yang selalu ke depan dengan suasana yang lebih nyaman. Jangan memaksakan diri untuk selalu berjalan kalau memang sudah merasa harus istirahat, istirahatlah dan manfaatkan tempat istirahat yang tersedia," tutupnya.

(frp/up)
News Feed