Sabtu, 01 Jun 2019 13:02 WIB

Mengenang Ani Yudhoyono, Pejuang Kanker yang Rajin Olahraga

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ani Yudhoyono menjalani exercise dalam perawatan di Singapura (Foto: instagram)
Jakarta - Ani Yudhoyono, Ibu Negara periode 2004-2014 telah berpulang pada Sabtu (1/5/2019) sekitar pukul 11.50 waktu Singapura. Bu Ani sebelumnya dirawat intensif di ICU National University Hospital (NUH) akibat kanker darah.

Semasa hidup, Bu Ani dikenal tak pernah menyerah mengadapi penyakit yang dialaminya. Dalam Instagramnya, Bu Ani sempat mengunggah foto sedang berjalan-jalan di lingkungan rumah sakit.

"Exercise merupakan salah satu cara mendapatkan energi diri. Dekat-dekat dulu, Insya Allah makin lama makin jauh. Semua butuh kesabaran," tulis Bu Ani.


[Gambas:Instagram]



Dalam foto tersebut, Bu Ani ditemani jalan-jalan bersama suaminya Susilo Bambang Yudhoyono dan menantunya Annisa Pohan. Unggahan tersebut mendapat 12.960 komentar yang mendoakan kesembuhan dan kesehatan Bu Ani.

Sebelumnya, dokter ahli kesehatan olahraga dr Grace Tumbelaka, SpKO sempat menyinggung manfaat aktivitas fisik bagi penyintas kanker.
Manfaat diperoleh bila dilakukan dengan baik dan dalam pengawasan tenaga ahli.

"Kita berdampingan aja (dengan kanker), jangan dimusuhi, tapi kita kontrol. Salah satunya dengan olahraga," kata dr Grace di sela acara bulanan Cancer Information and Support Center (CISC).

Olahraga bisa membantu meningkatkan mood pada penyintas kanker. Saat olahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat orang bahagia. Selain itu olahraga juga bisa mengurangi kelelahan dam kecemasan.

Tonton: 'Melihat Kembali Kemesraan Ibu Ani Yudhoyono Bersama Keluarga'

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)