Senin, 03 Jun 2019 09:00 WIB

Ternyata Ini Sebabnya Antrean di Toilet Wanita Selalu Lebih Panjang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Wanita membutuhkan toilet dua kali lebih banyak dari pria. Foto: istock Wanita membutuhkan toilet dua kali lebih banyak dari pria. Foto: istock
Jakarta - Wanita ternyata perlu toilet lebih banyak dibanding laki-laki. Sayangnya kebutuhan ini, terutama saat berada di tempat umum belum terpenuhi.

"Jumlah toilet yang tidak sesuai kebutuhan adalah ancaman bagi kesehatan dan produktivitas. Bila terus dibiarkan, beban kesehatan dengan akar masalah ketidakcukupan toilet makin besar," kata Pimpinan Royal Society for Public Health (RSPH) Shirley Cramer dikutip dari CNN.


Saat ini, rasio toilet perempuan dan laki-laki di Inggris berbanding seimbang 1:1. Sementara aturan di Amerika dan Kanada menyaratkan rasio 2:1 dengan lebih banyak untuk perempuan.

Menurut Cramer, jumlah toilet yang lebih banyak terkait dengan anatomi tubuh perempuan. Kondisi ini mengakibatkan wanita relatif lebih sering berkemih daripada laki-laki. Wanita juga kerap perlu toilet meski tidak ingin buang air besar atau kecil, misal ganti pembalut saat datang bulan.

RSPH berharap pemerintah bisa segera mencukupi kebutuhan toilet untuk perempuan di tempat umum. Tanpa campur tangan pemerintah, kecukupan toliet kemungkinan tidak tercapai atau makin sedikit dibanding yang ada sekarang. Belakangan juga diketahui, ketidakcukupan toilet mengakibatkan masyarakat enggan keluar rumah.




Simak Juga ' Waspadai Toilet Agar Tidak Tertular Penyakit Ini ':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)