Selasa, 04 Jun 2019 09:10 WIB

5 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Bagi Para Pejuang Kanker

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Perjuangan melawan penyakit kanker bisa terasa lebih ringan bila pasien mendapat dukungan. (Foto: Istock) Perjuangan melawan penyakit kanker bisa terasa lebih ringan bila pasien mendapat dukungan. (Foto: Istock)
Jakarta - Tanah air masih berduka dengan kepergian mantan ibu negara yang ke-6, Ani Yudhoyono pada Sabtu (1/6) dan Ust Arifin Ilham pada Rabu, (22/5) lalu. Keduanya tutup usia setelah didiagnosis mengidap kanker.

Meski jenis kanker yang mereka idap berbeda jenis, tapi penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI menunjukkan prevalensi kanker yang meningkat dari 1,4 per 1.000 penduduk di 2013 menjadi 1,8 per 1.000 penduduk di 2018.

Bagi mereka yang sedang berjuang melawan keganasan kanker, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendukung mereka. Berikut diantaranya dikutip dari Reader's Digest.


1. Dengarkan
Para penyintas kanker mungkin memiliki perasaan yang lebih sensitif dan peka dibandingkan orang lain. Sebagai seorang teman, kamu bisa menjadi tempat curhat mereka. Meski tidak dapat membantu banyak, memiliki orang yang bisa menjadi pendengar yang baik bisa menjadi satu kekuatan tersendiri bagi penyintas kanker.

2. Tawarkan bantuan
Melawan keganasan kanker berarti menghabiskan berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk menjalani perawatan dan dapat membuat tugas rumah tangga seperti mencuci pakaian atau membereskan rumah menjadi tantangan tersendiri.

Jika temanmu tinggal sendiri, kamu bisa menawarkan diri untuk membantu mereka dalam melakukan pekerjaan rumah. Terdengar sederhana tapi bisa sangat berarti.


3. Jangan menyalahkan apapun
Bahkan jika kamu berpikir penyebab kanker yang dialami oleh rekanmu adalah merokok, obesitas, atau hal lainnya, usahakan tidak mengatakan hal tersebut. Selain akan menyebabkan ketersinggungan, perkataan itu bisa membuat mereka menjadi lebih sedih.

4. Jangan berharap selalu bisa positif
Tetap bersikap positif terkadang tidak menjadi prasyarat untuk bertahan hidup bagi pengidap kanker. American Cancer Society memiliki penelitian yang mendukung gagasan bahwa sikap positif tidak membuat perbedaan dalam kelangsungan hidup pasien kanker. Selain itu, memberi tahu pejuang kanker untuk "tetap positif" menunjukkan bahwa mereka entah bagaimana harus disalahkan atas penyakit mereka.

5. Temani ke dokter
Tidak mengikuti sesi pengobatan kanker bisa menyebabkan kekambuhan. Kamu mungkin berpikir seorang pasien kanker akan sangat termotivasi untuk melakukan pengobatan agar cepat pulih tapi hal itu tidak selalu terjadi.

Terkadang pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan akan merasa terlalu sakit atau lelah untuk menjalani sesi perawatan. Karena itu, kamu bisa membantu mereka dengan menemaninya saat berkunjung ke dokter.

(kna/up)
News Feed