Selasa, 04 Jun 2019 12:15 WIB

Mau Jadi Orang yang Lebih Baik Lebaran Ini? Ini 6 Tips Psikiater

Firdaus Anwar - detikHealth
Momen lebaran bisa jadi kesempatan untuk jadi pribadi lebih baik. (Foto: Rifkianto Nugroho) Momen lebaran bisa jadi kesempatan untuk jadi pribadi lebih baik. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Usai sebulan berpuasa, momen lebaran jadi hal yang spesial karena artinya orang-orang sudah melatih dirinya menahan lapar, haus, serta hawa nafsu. Menurut psikiater momen ini bisa dimanfaatkan untuk membuka lembar baru, menjadi pribadi yang lebih baik.

Psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ, dari Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor menjelaskan kepribadian yang baik pada dasarnya adalah pola pikiran, sikap, perasaan, dan perilaku yang membuat orang lain nyaman berada di dekat kita. Hal ini sangat penting karena bisa mempengaruhi keberhasilan dalam kehidupan.

"Memiliki kepribadian yang baik sangat penting dalam kehidupan karena dikatakan bahwa 85% keberhasilan seseorang dalam relasi, bisnis, pendidikan, dll tergantung pada kepribadiannya yang baik," ungkap dr Lahargo dalam keterangan yang diterima detikHealth dan ditulis Selasa (4/6/2019).

Bagaimana cara mencapai hal tersebut? Berikut beberapa tips dari dr Lahargo:


1. Jadi pendengar yang baik
Mulai dengan belajar menjadi pendengar yang baik bagi orang sekitar. Hal ini bisa dilakukan dengan benar-benar memperhatikan apa yang dikatakan oleh lawan bicara.

"Membuat orang lain menjadi penting saat dia berbicara dengan memperhatikannya dengan seksama membuat kita akan menjadi orang yang sangat berharga bagi orang itu," kata dr Lahargo.

2. Perluas wawasan
Pengetahuan dan wawasan yang luas membuat kita bisa terlibat lebih banyak topik pembicaraan dengan orang lain, saling bertukar pendapat. Jangan malas membaca untuk membuka wawasan terhadap hal-hal baru.

3. Jadi teman mengobrol
"Akan sangat mengasikkan bila kita dapat berkontribusi dengan baik dalam setiap obrolan dengan teman, relasi dan saudara apalagi bila pendapat kita itu didengarkan dan dilakukan oleh mereka," kata dr Lahargo.

"Ambillah waktu sejenak untuk duduk bersama mereka mengobrol bersama, hal tersebut akan menyenangkan bagi mereka," lanjutnya.

4. Miliki opini
Saat berbincang dengan lawan bicara tunjukkan bahwa kita memiliki opini tentang hal tertentu. Hal ini akan membuat lawan bicara bisa tahu orang seperti apa diri kita. Jangan takut untuk menjadi diri sendiri.

"Percayalah keunikan kita tersebut yang membuat kita menarik bukan karena kesamaan kita dengan orang lain," ungkap dr Lahargo.

5. Miliki integritas dan sikap positif
Integritas dijelaskan oleh dr Lahargo sebagai sikap hati untuk bertahan pada kejujuran dan kebenaran. Ini adalah sikap penting bagi orang-orang yang ingin dihormati oleh orang lain.

Sementara itu sikap positif akan membuat orang lain nyaman dan senang untuk berada di dekat kita.

6. Kembangkan humor
Jangan lupa untuk mengembangkan sisi humor karena segala sesuatu tidak perlu ditanggapi serius. Humor yang tepat bisa jadi tanda intelektualitas dan kedewasaan seseorang.

"Mencari sesuatu yang lucu, unik, dan bisa membuat kita dan orang lain tersenyum akan suatu situasi akan membuat suasana cair dan lebih menyenangkan. Tambahkan selalu kegembiraan, tawa, senyum, dan kelucuan dalam setiap keadaan yang sepertinya kusam dan buram," kata dr Lahargo.

(fds/up)