Selasa, 04 Jun 2019 16:01 WIB

Trik Cegah Berat Badan Naik Drastis karena Ketagihan Opor Ayam Lebaran

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tips biar timbangan tetap aman meski ketagihan makan opor ayam. Foto: Instagram Tips biar timbangan tetap 'aman' meski ketagihan makan opor ayam. Foto: Instagram
Jakarta - Nyam! Nikmatnya santap ketupat dengan semur dan juga opor ayam. Kalau ini favoritmu, kamu mesti pintar-pintar agar timbangan nggak jadi bergerak ke arah kanan terlalu banyak selepas puasa.

Kenaikan berat badan ketika lebaran seringkali dianggap hal yang maklum padahal hal ini bisa dicegah. Bagaimana triknya? Leona Victoria Djajadi MND, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney sebenarnya pernah menjelaskan bahwa bukan berarti kamu tidak boleh makan opor sama sekali, tapi ingat ada batasannya.

"Makanan ini bukan untuk dihindari, tetapi hanya dibatasi konsumsinya agar tidak menyebabkan penyakit di kemudian hari," ujar Victoria.


Menurut penuturan Victoria, makanan yang mengandung santan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cepat. Kandungan lemaknya pun cukup tinggi, sehingga konsumsi makanan bersantan dalam jumlah besar tidak dianjurkan bagi yang memiliki masalah kolesterol.

Kamu juga bisa menyeimbangkan lauk daging dengan menggantinya dengan mengonsumsi lauk nabati seperti tahu, tempe atau kacang-kacangan lainnya. Sudah gitu, minumnya juga kalau bisa nggak usah pakai sirop lagi ya tapi diganti dengan air putih. Kebayang nggak jumlah gula yang kamu tabung dalam tubuh selama berkeliling ke rumah saudara?

(ask/up)