Kamis, 06 Jun 2019 13:20 WIB

Kalap Makan di Hari Pertama Lebaran, Coba Makanan Penurun Kolesterol Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Iustrasi makanan bersantan tinggi kolesterol. Foto: iStock Iustrasi makanan bersantan tinggi kolesterol. Foto: iStock
Jakarta - Opor ayam, rendang, ketupat, sambal goreng kentang, segala macam kue, dan sirup tampaknya sudah memuaskan perut saat lebaran hari pertama. Ampun deh, sepertinya kalap makan makanan bersantan sudah tak bisa dihindari. Dampaknya, kadar kolesterol pun meningkat.

Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh perlu diwaspadai setelah lebaran, karena menurut ahli jantung dari Rumah Sakit Universitas Detroit Medical Center Harper Omar Ali, MD, kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan sirkulasi darah yang buruk.

Di hari kedua ini, mari memperbaiki asupan makanan agar kolesterol turun dan terjaga tetap normal dengan beberapa makanan ini.



1. Green tea

Green tea atau teh hijau memiliki begitu banyak manfaat. Sebuah penelitian di Jepang terhadap lebih dari 40 ribu orang dewasa menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau lebih dari lima cangkir sehari memiliki 26 persen lebih kecil kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke dibandingkan yang jarang meminumnya.

Para ahli menduga manfaat teh hijau itu karena mengandung katekin, yaitu keluarga flavonoid yang terbukti mengganggu produksi kolesterol di dalam tubuh.

2. Cokelat

Cokelat atau lebih tepatnya dark chocolate adalah makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoproteins) atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL (high-density lipoproteins) atau kolesterol baik. Cokelat mengandung antioksidan tinggi yang memiliki manafaat pada tubuh. Konsumsilah cokelat dengan kadar 70 persen atau yang lebih sedikit mengandung gula.



3. Kale

Daun kale dapat menjadi sayuran yang cocok dimakan setelah lebaran. Menurut sebuha penelitian, kale dapat membantu hati membakar lebih banyak lemak dan akhirnya membantu menurunkan kadar kolesterol. Kale bisa dimakan sebagai salad tanpa dimasak.

4. Alpukat

Berkat serat dan lemak tak jenuhnya, alpukat dapat membantu menurunkan total kolesterol hingga 18 poin, kolesterol LDL hingga 16 poin, dan trigliserida hingga 27 poin menurut penelitian. Masih ragu mengonsumsi alpukat di setiap harimu?

5. Apel

Makan apel setiap hari bisa membantu menjauhkan seseorang dari sakit jantung. Apel adalah salah satu sumber pektin terbaik, yaitu sejenis serat yang terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL.

Apel juga penuh dengan antioksidan seperti polifenol yang menurut sebuah penelitian dapat membantu menjaga kolesterol dari pengoksidasi, proses menyebabkan arteri menjadi meradang dan tersumbat.





Simak Juga 'Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed