Kamis, 06 Jun 2019 17:23 WIB

Bosan Pas Macet? Ini Tips Usir Kebosanan Tanpa Ganggu Orang Lain

Rosmha Widiyani - detikHealth
Macet jalur Puncak di momen libur Lebaran. Foto: Yulius Satria Wijaya/Antara Foto Macet jalur Puncak di momen libur Lebaran. Foto: Yulius Satria Wijaya/Antara Foto
Jakarta - Momen liburan Idul Fitri sejatinya menjadi saatnya bersenang-senang, relaksasi, dan melepas kangen bersama orang terdekat. Namun momen ini bisa menjadi bencana akibat macet seperti yang terjadi di Tol Jagorawi.

Berbagai alternatif kegiatan sebetulnya bisa diterapkan selama menunggu macet. Namun kegiatan tersebut jangan sampai mengacaukan konsentrasi, mengganggu, atau bikin tambah bete penumpang lain atau driver.

"Tips ini untuk penumpang yang ingin denger lagu, nonton film, atau melakukan kegiatan lain saat macet. Kegiatan penumpang tidak boleh memecah konsentrasi menyetir," kata psikolog Veronica Adesla pada detikHealth.


Fokus driver yang terpecah saat macet berisiko membahayakan perjalanan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan penumpang, supaya bisa melakukan berbagai kegiatan saat macet tanpa mengganggu kenyamanan driver dan orang lain.

1. Gunakan earphone atau headphone

Alat bantu earphone atau headphone sebaiknya digunakan supaya tidak mengganggu orang lain dalam kendaraan. Lagu atau tontonan bisa diunduh terlebih dulu sehingga tidak ada masalah ketika diputar saat macet.

2. Siapkan peralatan yang diperlukan

Bagi yang suka gambar, doodling, atau colouring saat macet sebaiknya siapkan peralatan terlebih dulu. Skeetchbook, alat mewarnai, atau gambar yang sederhana bisa menjadi kegiatan pengisi waktu luang.

3. Pastikan baterai gadget terisi penuh

Gadget biasanya menjadi pusat kegiatan pengisi waktu luang. Gadget sebaiknya harus terisi penuh supaya tidak mengganggu orang lain, saat hendak digunakan sambil menunggu macet. Dengan gadget yang full charge kegiatan mewarnai, update jurnal, media sosial, nonton, atau dengar lagu bisa dilakukan tanpa gangguan. (ask/ask)