Senin, 10 Jun 2019 10:32 WIB

Saat Polusi Udara Sudah Makin Parah Sampai Peliharaan Juga Pakai Masker

Firdaus Anwar - detikHealth
Orang-orang mulai memakaikan masker udara untuk anjingnya. (Foto: BBC) Orang-orang mulai memakaikan masker udara untuk anjingnya. (Foto: BBC)
Jakarta - Di antara negara maju, Korea Selatan dianggap oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) memiliki kualitas udara yang buruk. Orang-orang rutin memakai masker saat bepergian ke luar rumah bahkan ada yang sampai menyiapkan masker khusus untuk hewan peliharaannya.

"Rasanya tidak enak kalau saya saja yang memakai masker sementara anjing saya tidak. Saya mencari tahu dan ternyata anjing-anjing juga butuh masker," kata salah satu warga, Choi Yoo-jin, seperti dikutip dari BBC pada Senin (10/6/2019).


Para pemilik anjing terutama menyediakan masker khusus untuk melindungi hewan kesayangannya dari polusi udara saat melakukan rutinitas jalan-jalan.

Dokter hewan setempat Na Eung-sic mengatakan polusi udara memang tidak hanya mengancam kesehatan manusia. Bagi hewan peliharaan polusi malah bisa lebih berbahaya karena kemungkinan mereka lebih sering terpapar.

"Hewan mungkin lebih dekat dengan lantai atau tanah, karenanya mereka akan lebih banyak menghirup polutan berbahaya yang ada di situ," kata drh Na.

"Terakhir juga hewan memiliki bulu. Ketika mereka keluar rumah, polutan bisa menempel di bulu membuat risiko terpapar tetap ada meski sudah kembali ke dalam rumah," lanjutnya.

Menurut drh Na belum ada studi yang menunjukkan efektivitas masker untuk hewan peliharaan. Namun demikian tetap dianggap lebih baik pakai masker daripada tidak sama sekali.

(fds/wdw)
News Feed