Senin, 10 Jun 2019 12:40 WIB

Mengenal PCOS, Kondisi yang Dilalui Fitrop Saat Hamil

Rosmha Widiyani - detikHealth
Fitri Tropica yang sedang hamil anak pertama setelah terapi PCOS. Foto: Instagram/fitrop Fitri Tropica yang sedang hamil anak pertama setelah terapi PCOS. Foto: Instagram/fitrop
Jakarta - Kabar bahagia datang dari Fitri Tropica atau yang dikenal sebagai Fitrop. Melalui unggahan Instagram miliknya, Fitrop diketahui sedang hamil anak pertama dari pernikahannya pada 2014.

"Ini adalah hadiah manis yang Allah SWT kasih untuk aku dan Toge di tahun 2019 ini. Setelah menjalani 3 bulan terapi PCOS semenjak Desember lalu, Alhamdulillah di bulan Maret kmrn akhirnya 2 garis itu muncul juga," tulis Fitri Tropica dikutip dari detikcom pada Senin (10/6/2019).


Dikutip dari Mayo Clinic, polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah gangguan keseimbangan hormon yang kerap terjadi pada wanita. Mereka yang mengalami PCOS umumnya berada dalam usia reproduksi aktif, dengan salah satu dampaknya adalah sulit hamil atau mengalami kondisi tidak subur (infertil).

Wanita dengan PCOS biasanya mengalami periode menstruasi yang tidak teratur, lama, atau kadar hormon testosteron yang berlebih di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon mengakibatkan indung telur memproduksi cairan dalam jumlah tertentu, yang mengakibatkan sel telur tidak dilepaskan tubuh secara teratur.

Penyebab pasti PCOS belum diketahui namun dalam beberapa kasus bisa dideteksi sejak kali pertama datang bulan. Misal periode yang terlalu jarang dan lebih lama. PCOS tidak bisa sembuh namun bisa diatur sehingga wanita memiliki keseimbangan hormon lebih baik, sehat, dan berpeluang hamil.

(fds/fds)