Rabu, 12 Jun 2019 09:25 WIB

Wanita Ini Klaim Obat Kumur Bisa Buat Kulit Kaki Selembut Bayi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang wanita mengklaim bahwa obat kumur dapat menyingkirkan kulit mati. (Foto: Istimewa) Seorang wanita mengklaim bahwa obat kumur dapat menyingkirkan kulit mati. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Obat kumur atau mouthwash umumnya digunakan untuk membersihkan dan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Tapi wanita bernama Nikki ini malah menggunakan obat kumur untuk merendam kedua kakinya.

Pengalamannya ia bagikan di grup Facebook dengan foto kaki di dalam mangkuk cuci yang di dalamnya diisi obat kumur rasa mint. Dan Nikki mengklaim bahwa obat kumur itu dapat menyingkirkan kulit mati dan membuat kakinya terasa selembut kulit bayi.

"Rumah semua dibersihkan, sekarang saatnya untuk perawatan kaki," tulisnya.

Unggahan tersebut mengundang perhatian netizen. Banyak yang bertanya-tanya asal muasal ide yang tidak biasa itu. Ada yang penasaran ingin mencobanya, namun ada pula yang menyarankan untuk tidak melakukannya di rumah.



Menurut para ahli di Medical News Today, Methyl salicylate yang ditemukan di dalam obat kumur seperti itu mirip dengan asam salisilat, yaitu bahan kimia untuk proses pengelupasan kulit.

Artinya obat kumur memiliki sifat pengelupasan meskipun belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan. Obat kumur juga dirancang digunakan di mulut, di mana kulit area itu jauh lebih sensitif daripada kaki. Ini lah alasan para ahli menyebutnya tidak berbahaya.

Obat kumur juga merupakan disinfektan alami yang jika digunakan pada kaki dapat membantu mencegah masalah seperti infeksi jamur kaki atau jamur kuku.

(wdw/kna)