Rabu, 12 Jun 2019 16:39 WIB

Video Beras Plastik Viral Lagi, Kominfo Pastikan Hoaks

Firdaus Anwar - detikHealth
Kabar beras plastik di Indonesia mencuat pada tahun 2015. (Foto: Rengga Sancaya) Kabar beras plastik di Indonesia mencuat pada tahun 2015. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Seperti tidak ada habisnya, kabar tentang ada beras palsu terbuat dari plastik kembali muncul di media sosial. Satu video yang diunggah pada April 2019 lalu di Facebook bahkan sudah dibagikan lebih dari 5 ribu kali, dilihat lebih dari 576 ribu pengguna.

Disebutkan dalam video bahwa beras plastik tersebut diproduksi di China dan telah menyebar luas di Asia termasuk Indonesia.

"Itu berita bener kok, bosku aj arg china gk mau beli produksi negara, dia hanya beli barang kli dri tsiwan, singapure maladia, Indonesia krnen mrka tau china semuax bis dipalsukn,,," komentar seorang pengguna Facebook.


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia mengkonfirmasi bahwa kisah beras plastik itu hoaks atau bohong. Tidak ada bukti di berbagai negara bahwa ada peredaran beras plastik dari China.

"Faktanya, sejauh ini tidak ditemukan bukti yang menguatkan klaim terkait beras yang dicampur potongan plastik tersebut dan tidak ada bukti yang dapat dipercaya bahwa beras tersebut dibeli atau dijual di mana pun di dunia," tulis Kominfo seperti dikutip dari situs resminya pada Rabu (12/6/2019).

Kabar tentang beras plastik di Indonesia pernah muncul pada tahun 2015 lalu kembali populer tahun 2017. Kala itu disebutkan bahwa beras yang terbuat dari plastik bisa dikepal-kepal hingga berbentuk bola lalu memantul ketika dilempar.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan bahwa memang pada dasarnya ada beras yang tinggi kandungan amilosa dan amilopektin sehingga mudah dibentuk menjadi bola dan bersifat kenyal. Kala itu BPOM juga menegaskan tidak ditemukan beras terbuat dari plastik.

(fds/frp)