Rabu, 12 Jun 2019 17:00 WIB

4 Hal Mengenai Meningitis yang Harus Diketahui

Fithria Pratiwi - detikHealth
4 Hal Mengenai Meningitis yang Harus Diketahui/Foto: bbc 4 Hal Mengenai Meningitis yang Harus Diketahui/Foto: bbc
Jakarta - Meningitis merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang belum banyak diketahui orang. Tahukah kamu apa itu penyakit meningitis?

Meningitis adalah penyakit karena terjadinya peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Radang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya.

Semua golongan usia berpotensi menderita meningitis termasuk anak dan bayi. Meningitis harus ditangani dengan tepat agar kondisi tidak semakin memburuk dan memicu komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal.



1. Gejala Meningitis

Gejala paling sering ditemukan adalah demam, sakit kepala, dan kaku kuduk. Selain itu juga disertai dengan kejang, gangguan perilaku, gangguan sensorik, hingga penurunan kesadaran. Pada bayi di bawah 2 tahun, meningitis umumnya ditandai dengan adanya benjolan yang muncul di kepala. Bila kamu memiliki kekhawatiran terhadap gejala tersebut, konsultasilah dengan dokter.

2. Penyebab Meningitis

Penyebab paling umum meningitis adalah infeksi oleh mikroorganisme. Infeksi ini disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Karena meningitis disebabkan oleh infeksi, maka akan dapat menular. Penularan dapat terjadi karena batuk, bersin, berciuman, hubungan seksual, kontak langsung, dan tranfusi darah.

3. Pengobatan Meningitis

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada penyebabnya. Untuk infeksi virus, biasanya dokter akan mengobati gejala dan menunggu infeksi tersebut sembuh dengan sendirinya. Untuk infeksi bakteri, dokter akan mengharuskan pasien melakukan perawatan di rumah sakit agar dapat pengobatan dan penanganan yang tepat.

Terapi antibiotik melalui infus merupakan pengobatan yang biasa dilakukan. Pasien akan disuruh untuk banyak minum dan istirahat yang cukup.



4. Pencegahan Meningitis

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat penting dilakukan setelah dan sebelum beraktivitas. Hal ini dapat membantu untuk mencegah menularnya virus dan bakteri di dalam tubuh. Hindari berbagi peralatan makan dan minum dengan orang lain sebelum dicuci dengan baik. Jagalah kebersihan sekitar agar virus dan bakteri tidak bersarang di sekitarmu.

Selain itu pencegahan meningitis pada anak juga dapat dengan memberikan vaksin meningitis pada saat bayi. Menjalani hidup sehat juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab meningitis. Jadi, jangan lupa menjalani gaya hidup sehat ya!

(nwy/up)