Rabu, 12 Jun 2019 19:05 WIB

Roro Fitria Masih Sakau, Efeknya Disebut Ahli Bisa Sampai 6 Bulan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada keinginan kuat dari Roro untuk terlepas dari jerat sabu-sabu narkotika. Foto: Roro Fitria / Desi P. Ada keinginan kuat dari Roro untuk terlepas dari jerat sabu-sabu narkotika. Foto: Roro Fitria / Desi P.
Jakarta - Kuasa hukum Roro Fitria, Asgar Hasrat Sjarfi mengatakan kliennya masih merasakan sakau akibat memakai narkoba jenis sabu. Padahal, Nyai (sapaan akrab Roro Fitria) telah menjalani rehabilitas dan sudah 17 bulan mendekam di penjara.

"Masih. Makanya pas keluar dia takut makai lagi," ujar Asgar Sjarfi saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detikHOT.

Kepada detikHealth, dr Hari Nugroho peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience (IMAN) menuturkan tantangan orang yang mengalami gangguan penggunaan zat memang lebih kepada menjaga pemulihannya, oleh karena itu dalam proses rehabilitasi diajarkan pencegahan kekambuhan.

"Pencegahan kekambuhan dilakukan dengan mengidentifikasi trigger atau pencetusnya. Mungkin RF merasa pencetusnya dari faktor eksternal," jelasnya.


Dijelaskan dr Hari, sabu sendiri sebenarnya berisikan methamphetamine. Pada orang yang mengalami kecanduan, bisa juga mengalami gejala putus zat.

"Meskipun gejala putus zatnya lebih banyak bersifat psikis, seperti jadi agitatif gampang marah, gangguan tidur dll," lanjutnya.

Gejala putus zat akan muncul ketika orang tersebut mengurangi atau menghentikan pemakaiannya. Gejala tersebut bisa muncul segera dan kebanyakan hilang dalam 1-2 minggu. Akan tetapi ada juga yang disebut juga 'protacted withdrawal' alias keterlambatan gejala yang timbul usai berhenti memakai narkoba.

"Bisa muncul satu bulan kemudian, atau dua tiga bulan bahkan dari literatur mencatat ada yang muncul sampai 6 bulan kemudian. Methamphetamine itu salah satu yang highly addictive," tutur dr Hari.

"Tapi yang begitu (muncul efeknya 6 bulan kemudian -- red) jarang, umumnya sebulan sudah oke kok," tutupnya.

(ask/fds)