Rabu, 12 Jun 2019 19:31 WIB

Waduh, Kondisi Langka Bikin Miss V Wanita Ini Bisa Hasilkan ASI

Firdaus Anwar - detikHealth
Kisah unik di mana seorang ibu mengeluarkan air susu ibu (ASI) dari miss v. Foto: iStock Kisah unik di mana seorang ibu mengeluarkan air susu ibu (ASI) dari miss v. Foto: iStock
Jakarta - Seorang wanita bisa mengalami perubahan tubuh usai melahirkan. Namun bagi satu wanita asal Austria, perubahan tubuhnya bisa dibilang cukup unik karena ia dilaporkan dalam jurnal Obstetrics & Gynecology mulai memproduksi air susu di organ intim.

Spesialis kandungan dr Richard Mayer dari Kepler University Hospital menyebut bahwa pasien wanita berusia 29 tahun tersebut awalnya datang dengan keluhan nyeri di vulva, bagian luar dari vagina, usai melahirkan. Pemeriksaan melihat ada banyak pembengkakan di area jahitan.

Dokter sempat mengira kalau cairan putih yang keluar dari pembengkakan di vulva pasien adalah nanah. Tapi pindaian ultrasound ternyata menemukan hal lebih langka, ada jaringan yang mirip seperti jaringan penghasil susu di payudara.


Dikutip dari Live Science pada Rabu (12/6/2019), sang wanita didiagnosis dengan kondisi jaringan payudara ektopik (EBT). Menurut dr Richard ini adalah kasus langka karena biasanya EBT ditemukan di area ketiak atau areola.

Diperkirakan sekitar 1-5 persen wanita lahir dengan EBT. Menurut artikel di American Journal of Roentgenology EBT bisa diangkat lewat operasi bila menyebabkan ketidaknyamanan untuk pasien.

Pada kasus sang wanita dalam laporan, pembengkakan terjadi karena jahitan di vulva menyumbat aliran susu. Dokter mencabut jahitan tersebut dan keluhan nyeri sang wanita berangsur mereda.

Setelah dua minggu produksi air susu di vulva sang wanita perlahan berkurang dan ia bisa menyusui dengan normal.

(fds/ask)
News Feed