Kamis, 13 Jun 2019 17:43 WIB

Mengenal Kanker Hidung, Penyakit yang Membuat Lee Chong Wei Gantung Raket

Widiya Wiyanti - detikHealth
Lee Chong Wei didiagnosis kanker hidung. (Foto: Lai Seng Sin/Reuters) Lee Chong Wei didiagnosis kanker hidung. (Foto: Lai Seng Sin/Reuters)
Jakarta - Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun dari bulutangkis. Alasan yang paling utama adalah karena kesehatannya yang beberapa bulan lalu ia didiagnosis kanker hidung. Meskipun telah sembuh dari penyakitnya, Chong Wei tak bisa menjalani latihan rutin lagi.

"Saya berada di sini untuk mengumumkan pensiun setelah bersama-sama BAM selama 19 tahun. Ini keputusan yang sulit. Saya mengambil keputusan ini setelah menjalani observasi terakhir di Jepang," kata pria berusia 36 tahun itu, seperti yang diberitakan detikcom.


Dikutip dari nhs.uk, kanker hidung dan sinus adalah kanker yang menyerang rongga hidung, bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Jenis kanker ini disebut-sebut cukup langka dan biasanya menyerang pria berusia di atas 40 tahun. Gejala dari kanker hidung kerap tidak disadari, seperti mimisan, tersumbat di satu sisi, indera penciuman menurun, adanya lendir dari hidung, dan gejala umum misalnya pilek dan sinusitis.

Pada tahapan selanjutnya, gejala akan berkembang meliputi rasa sakit atau mati rasa di wajah terutama di pipi atas, pembengkakan kelenjar leher, dan rasa sakit di satu telinga.

Jika merasaka gejala yang seperti di atas, sebaiknya lebih waspada dan secepatnya memeriksakan diri ke dokter.

(wdw/up)