Kamis, 13 Jun 2019 19:05 WIB

4 Ciri Khas Layanan RS Syariah di RSUD Kota Tangerang

Rosmha Widiyani - detikHealth
RSUD Tangerang. Foto: Tangkapan layar Facebook RSUD Tangerang. Foto: Tangkapan layar Facebook
Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang telah menerapkan prinsip syariah sejak awal 2019. Sesuai prinsip RS Syariah, terdapat layanan spesial di RSUD Kota Tangerang bagi pasiennya. Layanan ini bisa dinikmati semua pasien tanpa mengutamakan kelompok tertentu.

"Tidak ada yang salah dengan menerapkan prinsip syariah, karena memang bisa bermanfaat bagi seluruh pasien. Prinsip ini diterapkan karena kami mengutamakan ketenangan dan kenyamanan pasien," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi pada detikHealth, Kamis (13/6/2019).


Liza mengatakan, prinsip syariah tidak lantas membatasi layanan pada pasien. Seluruh pasien tetap mendapat pelayanan sesuai kebutuhan dan kemampuan RSUD Kota Tangerang. Terkait ciri khas layanan RS Syariah di RSUD Kota Tangerang berikut penjelasannya.

1. Layanan spiritual saat sakit

RSUD Kota Tangerang memberikan layanan spritual keagamaan bagi pasiennya yang sedang sakit. Untuk pasien yang muslim, layanan ini berupa bimbingan sholat dan bersuci di tempat tidur. Layanan serupa juga akan diberikan pada pasien nonmuslim yang menjalani perawatan di RSUD Kota Tangerang.

2. Operasi selain di jam sholat

Operasi dan layanan lain yang bersifat selektif, tidak dijadwalkan saat jam sholat. Hal ini memberi waktu bagi pasien dan tenaga kesehatan untuk beribadah terlebih dulu, sebelum melanjutkan layanan. Hal ini tidak diterapkan pada layanan atau operasi lain yang bersifat gawat darurat.

3. Layanan sakaratul maut

RSUD Kota Tangerang memberikan layanan bagi pasien yang dalam kondisi sakaratul maut. Layanan diberikan pada pasien yang tidak didampingi keluarga atau orang dekat lain saat akan meninggal. Layanan tersedia bagi pasien yang beragama Islam dan nonmuslim.

4. Pasien berjenis kelamin sama dalam 1 kamar

Demi kenyamanan pasien, RSUD Kota Tangerang menerapkan kebijakan 1 kamar untuk pasien dengan jenis kelamin yang sama. Satu kamar berisi lima tempat tidur dengan kapasitas total Rumah Sakit Kota Tangerang mencapai 200 tempat tidur.

(fds/fds)