Minggu, 16 Jun 2019 08:34 WIB

Bukan Buat Mulut, Ibu Ini Malah Pakai Obat Kumur Buat Rendam Kaki

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Seorang wanita menggunakan obat kumur untuk menyingkirkan kulit kering pada kaki. Foto: ilustrasi/thinkstock Seorang wanita menggunakan obat kumur untuk menyingkirkan kulit kering pada kaki. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Seorang ibu membagikan hal yang tidak umum dilakukan dengan mouthwash atau obat kumur miliknya. Bukannya buat berkumur, ia malah menggunakannya sebagai air rendaman kakinya.

Kisah ini dibagikan wanita bernama Nikki dalam grup Facebook 'We Love Mrs Hinch' di mana ia mengunggah foto kakinya berada di dalam wadah dengan air berwarna biru, yang ternyata merupakan obar kumur mint. Ia mengungkap alasannya melakukan hal itu guna terhindar dari kulit kering dan membuat kakinya lembut seperti kulit bayi.

"Rumah sudah aku bersihkan, sekarang saatnya memanjakan kaki," tulisnya, dikutip dari Mirror.


Menurut para ahli di Medical News Today, methyl salicylate yang ditemukan dalam obat kumur mirip dengan asam salisilat, zat kimia pengelupas. Itu berarti obat kumur memang memiliki beberapa sifat pengelupas, mekipun belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan pada produk tersebut sebagai pengelupas.

Obat kumur juga dirancang untuk digunakan di mulut, di mana kulit jauh lebih sensitif daripada pada kaki. Sehingga banyak yang yakin tidak akan berbahaya jika menggunakannya untuk rendaman kaki.

Selain itu, obat kumur juga merupakan desinfektan alami. Jadi walaupun tidak dapat mengobati infeksi, menggunakannya pada kaki dipercaya dapat membantu mencegah masalah seperti infeksi jamur pada kaki dan jamur kuku.



Simak Juga "Penyebab dan Tips Cegah Bau Mulut":

[Gambas:Video 20detik]

Bukan Buat Mulut, Ibu Ini Malah Pakai Obat Kumur Buat Rendam Kaki
(ask/frp)
News Feed