Minggu, 16 Jun 2019 11:51 WIB

Dear Shandy Aulia, Ini Alasan Tak Perlu Istirahat Total Saat Hamil

Rosmha Widiyani - detikHealth
Shandy Aulia yang bed rest selama mejalani kehamilan pertama. Foto: Palevi S/detikFoto Shandy Aulia yang bed rest selama mejalani kehamilan pertama. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta - Setelah menunggu selama 7,5 tahun, akhirnya pernikahan Shandy Aulia dianugerahi calon anak pertama. Seperti yang diunggah dalam akun Instagramnya, Shandy kini membatasi aktivitasnya selama hamil demi kesehatan kandungan dan janinnya.

"Your mom sekarang harus banyak bed rest supaya kamu berkembang sehat dan kuat, tapi mama kamu memang jadi lebih banyak dimanjain your dad. Honestly your dad jadi gak jutek-jutek lagi sama your mom terus apa-apa lebih sabar walau your mom tuh ribet dan bawel," tulis Shandy.


Dikutip dari Mayo Clinic, bed rest sebetulnya tidak lagi direkomendasikan untuk ibu hamil. Meski bisa meningkatkan aliran darah ke plasenta, bed rest tidak terbukti bisa menekan risiko kelahiran dini atau prematur. Ibu hamil (bumil) sebaiknya bertanya lebih lanjut jika dokter meresepkan bed rest.

Istilah bed rest saat ini mengacu pada pembatasan aktivitas selama periode tertentu, bukan istirahat total di tempat tidur. Bumil masih bisa bergerak di sekitar rumah, bekerja, atau olahraga asal tidak terlalu berat dan memaksakan diri. Detail aktivitas yang bisa dan tidak dilakukan selama bed rest bisa ditanyakan pada dokter terkait.

Hanya berbaring di tempat tidur selama hamil justru berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Ibu berisiko mengalami stres, depresi, cemas, dan menyalahkan diri sendiri karena kehamilan yang bermasalah. Ibu juga berisiko mengalami penurunan massa tulang, kekuatan otot, dan kesehatan jantung akibat minim aktivitas fisik. Risiko lain adalah munculnya gumpalan di pembuluh vena yang bisa mengganggu sirkulasi darah.



Selamat! Penantian Shandy Aulia 7,5 Tahun Berbuah Manis, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Dear Shandy Aulia, Ini Alasan Tak Perlu Istirahat Total Saat Hamil
(frp/frp)