Selasa, 18 Jun 2019 15:10 WIB

Terlalu 'Higienis', Penyakit Ini Lebih Bisa Datang Menghampiri Loh

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Terlalu bersih juga tidak baik untuk kesehatan loh! (Foto: ilustrasi/thinkstock) Terlalu bersih juga tidak baik untuk kesehatan loh! (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Ada yang bilang berani kotor itu baik. Ada benarnya sih, karena terlalu 'higienis' membuat tubuh jadi tidak beradaptasi pada lingkungan dan bikin lebih mudah terjangkit penyakit tertentu.

Hal ini dijelaskan oleh dr Prasna Pramita, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS, Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro, dalam acara temu media, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Menurutnya, tubuh perlu mengenal lingkungannya agar antibodi juga terbentuk.

"Biasanya seperti thypus, karena jarang jajan, biasanya. Bisa juga mungkin flu bisa sering terjadi karena lewat udara," kata dr Prasna.


"Kalau alergi enggak sih ya, itu lebih ke genetik dan dari makanan mungkin, atau dari udara itu sebagai faktor pemicunya," lanjutnya.

Nah karena itu dr Prasna mengatakan untuk nggak perlu begitu mengkhawatirkan higienitas. Sehat memang perlu, tapi nggak berarti jadi harus memasak semua makanan kita sendirikan? Kebayang kalau gebetan ngajak makan nasi goreng favoritnya tapi mesti kamu tolak karena nggak mau makan di pinggir jalan, waduh sayang banget kesempatannya.

Sama halnya dengan makanan, dr Prasna juga menyinggung soal interaksi orang terutama anak dengan lingkungan. Salah satu contoh, ia memberikan tipsnya bagi para orang tua yang khawatir ketika anak ikut kondangan dan banyak disentuh oleh orang banyak.

"Bisa pakai (diusap) tisu basah, yang khusus anak tapi. Atau ya pulang kondangan kan mandi ya. Kalau anak orang mau cium mau apa lebih baik di tangan atau di kakinya aja," tutupnya.





Simak Juga 'Waspadai Cacar Monyet, Menkes Tekankan Kebersihan':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/fds)