Selasa, 18 Jun 2019 17:13 WIB

Makanan Terbaik untuk Memulihkan Tubuh Setelah Kemoterapi Bagi Pasien Kanker

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bawang putih merupakan salah satu makana yang mampu pulihkan tubuh setelah kemoterapi. (Foto: Zulkipli Natsir) Bawang putih merupakan salah satu makana yang mampu pulihkan tubuh setelah kemoterapi. (Foto: Zulkipli Natsir)
Jakarta - Pasien kanker yang menjalani proses kemoterapi tentu tetap ingin terlihat bugar dan nyaman. Tentunya apa yang mereka konsumsi pada saat itu bisa memperlancar prosesnya.

"Perawatan dengan kemoterapi dan radiasi menempatkan beban mereka sendiri pada sistem nutrisi selain kanker itu sendiri," kata pakar nutrisi Charlie Pieterick, RN, MS, ARNP dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle dikutip dari WebMD.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tertentu untuk memulihkan tubuh setelah kemoterapi. Berikut di antaranya dikutip dari berbagai sumber.



1. Wortel

Wortel menjadi salah satu makanan yang paling sering direkomendasikan bagi pasien kanker. Kandungan yang ada pada wortel dipercaya dapat membuat kemoterapi lebih efektif dengan mekanisme tertentu.

2. Pisang

Makanan seperti nasi, pisang, apel matang, dan roti panggang kering akan membantu mengikat feses jika mengalami diare akibat kemoterapi. Hindari makanan berlemak, buah-buahan mentah, dan produk gandum, yang dapat membuat diare menjadi lebih buruk.

3. Perbanyak air putih dan konsumsi kacang-kacangan

Di sisi lain, jika mengalami konstipasi, minum banyak cairan dan makan makanan tinggi serat tidak larut, seperti roti gandum atau sereal, buah-buahan kering, dan kacang atau kacang polong kering, akan membantu sistem pencernaan Anda. National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan minum delapan hingga 12 cangkir cairan sehari bagi mereka yang menjalani perawatan kanker.



4. Permen jahe

Setelah kemoterapi biasanya pasien akan mengalami mual yang berlebihan. Satu permen jahe dan setetes lemon akan membuatnya lebih baik dan meringankan mual juga baik untyk perutmu.

5. Jus jeruk

Minum jus jeruk akan menghilangkan rasa kering pada mulut setelah kemoterapi. Menurut NCI, minum cairan seperti limun dan jus jeruk akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak air liur karena kelembutannya merangsang kelenjar air liur. Namun, jangan makan atau minum makanan ini jika perawatan telah membuatmu sakit mulut atau tenggorokan, karena mereka akan memperburuk gejala Anda.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki antioksidan tinggi yang telah terbukti merangsang pertahanan alami sistem kekebalan tubuh melawan kanker. Faktanya, para peneliti Cornell menemukan bahwa bawang rasa kuat bahkan dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker. Bisa dikonsumsi langsung atau dipanggang terlebih dahulu.

(kna/up)
News Feed