Kamis, 20 Jun 2019 07:34 WIB

Prancis Jadi Negara Paling Tidak Percaya pada Vaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
Prancis jadi negara yang paling tidak percaya vaksin. Foto: iStock Prancis jadi negara yang paling tidak percaya vaksin. Foto: iStock
Jakarta - Meningkatnya ketidakpercayaan terhadap vaksin disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi ancaman kesehatan global di tahun 2019. Semakin berkurang kepercayaan warga di suatu daerah maka semakin mungkin cakupan imunisasi tidak mencapai target.

Dalam analisa terbaru yang dilakukan The Wellcome Trust, Prancis disebut jadi negara yang paling skeptis terhadap vaksin. Hampir 20 persen warga Prancis yang disurvei menganggap vaksin tidak aman.



"Kami menghabiskan waktu mendekonstruksi mitos. Kami berusaha keras meyakinkan mereka tentang manfaat besar vaksinasi," komentar salah satu pegawai apotek di Perancis, Marie-Claire Grime.

"Kadang rasanya mengecewakan menemukan diri kita mengulangi hal yang sama terus-terusan," lanjutnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/6/2019).

Dalam studi yang sama tingkat kepercayaan orang Indonesia terhadap keamanan vaksin dilaporkan mencapai 83 persen. Sebanyak 70 persen percaya bahwa vaksin aman digunakan.

Total ada sekitar 140 ribu orang yang disurvei dari 140 negara.

(fds/up)
News Feed