Kamis, 20 Jun 2019 10:21 WIB

Demi Kesehatan Mental, Selena Gomez Hapus Instagram dari Ponselnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Selena Gomez memutuskan untuk menghapus aplikasi Instagram dari ponselnya. Foto: Theo Wargo/Getty Images Selena Gomez memutuskan untuk menghapus aplikasi Instagram dari ponselnya. Foto: Theo Wargo/Getty Images
Jakarta - Penyanyi Amerika Selena Gomez memang cukup fokus pada kesehatan mentalnya. Ini terbukti aktris yang memiliki jumlah followers terbanyak ketiga di dunia justru menghapus Instagram dari ponselnya.

Dikutip dari Elle, mantan kekasih Justin Bieber ini mengumumkan bahwa dirinya secara pribadi telah berhenti menggunakan Instagram yang bisa membuat kesehatan mentalnya tambah terganggu.

"Aku dulu sering menggunakannya (Instagram -red) tetapi aku pikir itu menjadi sangat tidak sehat bagi orang-orang muda, termasuk diriku, untuk menghabiskan seluruh waktu mereka memperbaiki semua komentar ini," katanya Selena saat acara bincang-bincang Live with Kelly and Ryan.

"Itu akan membuatku merasa tidak enak tentang diriku sendiri dan memandang tubuhku secara berbeda," lanjutnya.



Sebelumnya ia pernah istirahat dari media sosial karena sangat memengaruhi kesehatan mentalnya. Kini Selena sangat vokal mengatakan bahwa Instagram membuatnya merasa tertekan.

"Aku agak tertekan melihat orang-orang yang terlihat cantik dan luar biasa, dan itu hanya akan membuatku kecewa," imbuhnya.

Keputusan Selena pun tampaknya sejalan dengan suatu laporan penelitian baru-baru ini oleh Royal Society for Public Health di Inggris yang menemukan bahwa Instagram menjadi platform media sosial yang paling buruk bagi kesehatan mental.

Platform ini dinilai berdasarkan dampaknya pada kualitas tidur, kecemasan, depresi, takut kehilangan (FOMO), kesepian, intimidasi, dan masalah citra tubuh. Penelitian ini mencerminkan apa yang dirasakan responden melalui foto di semua platform dan dampaknya pada kesehatan mental.

Tapi jangan khawatir, untuk tetap memberikan informasi terbaru mengenai dirinya, Selena masih tetap akan mengunggah foto-fotonya di Instagram melalui ponsel rekannya.

(wdw/up)