Kamis, 20 Jun 2019 11:54 WIB

Ukurannya 2,5 Cm, Inikah Kotoran Telinga Terpanjang di Dunia?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi membersihkan telinga (Foto: iStock) Ilustrasi membersihkan telinga (Foto: iStock)
Jakarta - Konsultan audiolog Neel Raithatha baru-baru ini melakukan prosedur untuk mengambil kotoran yang bersarang di teling seorang pasien yang tidak disebutkan namanya. Ternyata kotoran telinga yang keluarkan sangat membuatnya dan pasien tercengang.

Pasalnya, kotoran telinga itu berukuran panjang 2,5 cm dan lebarnya sekitar 0,5 cm. Dikutip dari Metro UK, ukuran kotoran telinga tersebut disebut Neel adalah yang paling terbesar yang pernah dilihatnya.

"Baik klien dan saya sangat terkejut. Reaksi saya terhadap pengeluaran itu adalah 'wow' dan reaksi klien ketika dia melihat kotoran itu adalah dengan mengatakan 'ya ampun'" kata Neel.

Neel menggunakan alat pengisap endoskopik untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Kotoran itu dikeluarkan dalam bentuk utuh. Meskipun berukuran besar, Neel mengatakan bahwa gendang telinga si pasien dalam kondisi sehat.

Kotoran telinga sepanjang 2,5 cmKotoran telinga sepanjang 2,5 cm Foto: crater news agency




Menurut Harvard Health Publishing, para ahli menegaskan bahwa kotoran telinga baik untuk telinga karena sebagai pembersih alami dan bergerak sendiri dari saluran telinga ke luar dengan mengumpulkan sel-sel kulit mati.

Namun saluran telinga yang ditumpukki kotoran dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit telinga atau infeksi, atau masalah pendengaran lainnya.

Prosedur pengangkatan kotoran telinga yang dilakukan Neel divideokan dan diunggah di channel YouTubenya 'Mr Neel Raithatha aka The Wax Whisperer' pada 23 Februari 2019 lalu.

(wdw/up)