Kamis, 20 Jun 2019 13:10 WIB

Daun Kersen untuk Obat Diabetes, Manjurkah? Ini Kata Ahli

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Daun kersen atau talok. Foto: iStock Daun kersen atau talok. Foto: iStock
Jakarta - Viral broadcast yang menyebutkan daun kersen sebagai obat diabetes. Daur kersen, daun talok, atau daun seri ini disebut dapat membantu menyembuhkan luka pada pasien diabetes.

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Danang Ardiyanto menyebut penelitian tentang hal itu masih sangat terbatas.

"Kalau di tempat saya belum saya gunakan dan belum diteliti. Tapi kalau dari studi literatur, efek anti-DM (Diabetes Mellitus) baru sebatas pada hewan coba," jelas Danang.


Pada daun kersen, senyawa aktif yang diduga memiliki aktivitas anti-DM adalah kalkon, isoliquiritigenin, krisin dan flavonoid. Hal ini membuat konsumsi daun kersen bisa dikategorikan aman, asalkan sesuai dengan dosis turun temurun yang biasa dipakai.

"Tingkat level of evidencenya sebatas dari empiris/turun temurun dan uji praklinik/hewan coba. Untuk memastikan khasiat dan keamanan pada manusia harus dengan uji klinik," tegasnya.

Danang pun mengimbau, bila obat herbal belum memiliki uji klinis pada manusia maka sebaiknya digunakan secara 'on top' atau berbarengan dengan obat modern. Jadi, dianjurkan pasien diabetes juga tetap harus mengonsumsi obat dari dokter sekalipun ingin mencoba mengonsumsi daun kersen.



Inilah daun kersen.Inilah daun kersen. Foto: iStock

Berikut ini adalah bunyi broadcast yang viral:

Diteruskan Obat dari teman :
OBAT DIABETES PALING AMPUH_

#AJAIB !! INILAH OBAT DIABETES PALING AMPUH, SEBARKAN JANGAN SAMPAI PUTS DI TANGAN ANDA

Sebatas untuk Pengalaman..

Ibuku Penderita diabetes atau keunggulan gula dlm Darah sampai bila badan luka jadi akan

SUSAH UNTUK PULIH.

Karena Ibuku juga STROKE dan nyaris Semua Badan susah digerakkan sampai sepanjang
Hari hanya tidur/berbaring saja.

Sejak satu tahun lalu Pinggul Ibuku terluka (mungkin saja umumnya terlentang) Luka itu Buat lobang dipinggul sampai mengeluarkan Darah dan selanjutnya Bernanah dan Busuk. Luka itu mulai Melebar dan buat lobang sana sini Hingga luka itu tampak sangat kronis.. dan mengakibatkan bau busuk (tidak perlu saya perlihatkan fotonya krn menjijikkan)

Sepulang dari Malaysia saya berusaha Konsultasi dgn dokter tentang luka itu, dan dokter berkata Bila sisi tubuh sudah mulai membusuk harus di POTONG supaya tdk melebar kemana mana. saya Sudah cobalah bermacam langkah tp luka itu tdk kunjung pulih

Lalu ada Seseorang Rekan yg menyarankan untuk Minum rebusan daun talok/kersen/seri,
yang memiliki nama Latin
(Muntingia Calabura L)
dan saya putuskan untuk mencoba..

Awal minum Rebusan daun itu Ibuku Demam
Dan Luka Mengeluarkan Nanah banyakkkkkk Hingga harus Saya Tukat Perban beberapa kali, Setelah dua hari Minum.. Luka itu Tidak mengeluarkan Nanah lagi dan mulai keluar Darah Merah dan Beberapa Hari setelah itu seperti ada daging yg tumbuh Menutupi luka.

Luka itu mulai tambah baik dan tidak mengeluarkan Darah atau Nanah lagi,kurun Waktu sebulan.. Luka mulai kering. Dan Luka Kecil mulai Tertutup, Luka besar mulai Menciut.

Hingga saat ini tetap masih saya minum kan.. tp daunnya tidak saya rebus tp saya keringkan dan saya seduh seperti buat teh hijau. Satu gelas diminum 2 x satu hari

Caranya:

1: Petik saja daun talok/kersen yang masih segar, lalu jemur di bawah sinar sampai kering

2: Jika sudah kering, kita bisa menyeduh daun talok kering ini dengan air panas.

3: Biarkan sampai hangat baru diminum seduhan daun ini sebelum tidur

4: Ampasnya bisa digunakan lagi untuk menyeduh dengan air panas baru besok paginya, lalu buang. Tapi kalau tidak sayang bisa sekali pakai saja.

5: Minumlah secara rutin hingga gula darah Anda normal kembali.

Jika Sudah Normal, tinggal menjaga saja agar tidak kumat lagi yah. Karena penyakit Diabetes ini hanya bisa dihindari dengan pola hidup sehat. Bahkan bisa menyerang di segala usia. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

#Semoga Informasi ini Bermanfaat,

Tolong informasi ini Jangan Sampai
Putus di tangan anda tolong Bantu untuk Membagikan informasi ini Supaya
Berguna Buat Saudara2
Kita yang Sedang Membutuhkan. (ask/up)
News Feed