Kamis, 20 Jun 2019 18:03 WIB

Ini Akibatnya Jika Kamu Tak Rajin Mencuci Handuk

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Seberapa sering cuci handuk? Foto: ilustrasi/thinkstock Seberapa sering cuci handuk? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kapan terakhir kali kamu mencuci handukmu? Jarang mencuci handuk bisa membahayakan kesehatan, mulai dari menularkan jamur, bakteri, hingga infeksi. Duh, serem!

"Semakin lama handuk lembap, semakin lama jamur, bakteri, lumut dan virus akan hidup dan terus aktif," kata ahli dermatologi Dr Alok Vij, seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

Dr Vij menjelaskan bahwa handuk yang jarang dicuci bisa menyebabkan kutu air, jamur di kuku kaki, ruam merah dan kutil atau malah semakin menyebarkan masalah kulit ini. Dan handuk yang kotor bisa menyebabkan semakin parahnya eksim atau dermatitis atopik.

Ditambahkan oleh Dr Chuck Gerba, profesor mikrobiologi di University of Arizona, menggosok tubuh dengan handuk kotor bisa menyebabkan infeksi. Apalagi saat kita menggosok tubuh terlalu keras hingga melukai kulit. Kulit yang luka bisa memberi akses masuk bagi bakteri.


"Kalau kamu mudah jerawatan, cucilah handukmu tiap kali kamu selesai menggunakannya. Saat kita menggunakan handuk dan mengusapnya ke wajah, apalagi jika ada jerawat yang terbuka dengan handuk kotor, bakteri bisa masuk ke dalam kulit dan memperparahnya," imbuh Philip Tierno, PhD, profesor patologi klinis dan mikrobiologi di NYU School of Medicine, seperti dikutip dari MSN.

Dr Vij membagikan beberapa tips untuk menjaga kebersihan kulit lewat handukmu:

- Cucilah handuk mandimu sekali seminggu dan jika menggunakan handuk untuk wajah cuci lebih sering, 2-3 kali seminggu.
- Jika kamu sakit, cuci handuk lebih sering untuk menghindari tertular kembali. Cucilah lebih sering bila daerah rumahmu sangat lembab dan panas.
- Walau bisa saja bergantian handuk dengan keluarga asal tidak ada yang memiliki penyakit kulit atau sedang infeksi, namun sebaiknya menghindari agar tetap menjaga kebersihan. Risiko terserang penyakit lebih tinggi karena bergantian memakai handuk.
- Handuk yang basah bisa menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Sehingga ketimbang menggantungnya begitu saja, taruhlah handuk di tempat panjang atau jemuran dan lebarkan dengan baik agar kering lebih sempurna untuk digunakan kembali.

(frp/up)