Kamis, 20 Jun 2019 18:35 WIB

Catat! Berikut Tips Pilih-Pilih Daycare Buat Anak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi Daycare. Foto: Reza Sulaiman/detikHealth Ilustrasi Daycare. Foto: Reza Sulaiman/detikHealth
Jakarta - Menitipkan anak di daycare adalah salah satu pilihan bagi orang tua yang bekerja seharian dan tidak bisa menjaga anak pada pagi hingga sore hari. Di samping itu, banyak orang tua juga yang menitipkan anak di daycare agar anak bisa berinteraksi dengan dunia luar sekaligus mengasah kemampuan kognitif anak.

Tentunya orang tua tak boleh asal dalam pilih daycare karena akan berhubungan dengan kenyamanan bahkan keselamatan anak. Spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA(K) mengatakan ada konsep child prooving atau kegiatan yang memastikan lingkungan aman untuk beraktivitas. Ada beberapa standar keamanan tertentu yang memang harus dipenuhi oleh daycare.

"Sebelum menitipkan di daycare, orang tua harus tahu dulu kegiatannya apa di daycare itu. Jadi jangan di hari pertama langsung dititipkan," tuturnya kepada detikHealth, Kamis (20/6/2019).


dr May, sapaannya, menyebut ada baiknya agar orang tua datang saja terlebih dahulu untuk melihat-lihat situasi daycare. Orang tua harus aware sendiri soal standar keamanan untuk anaknya.

"Yang kedua, ngobrol sama pengasuhnya yang tahu biasanya sehari-hari anak diapakan. Kalau lagi ada yang sakit, kebijaksanaan di daycare bagaimana, kalau dalam satu ruangan isinya maksimal berapa. Itu semua harus tahu sih sebelum memutuskan apakah anak bisa dimasukkan ke daycare atau enggak," pungkasnya.

(kna/up)