Senin, 24 Jun 2019 15:57 WIB

16 Gadis Hamil karena Bocah Ejakulasi di Kolam Renang, Faktanya Bagaimana?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Hoaks gadis hamil karena berenang di kolam renang. Foto: Situs Resmi Kominfo Hoaks gadis hamil karena berenang di kolam renang. Foto: Situs Resmi Kominfo
Jakarta - Beredar kabar di mana 16 gadis hamil karena sebelumnya telah berenang di sebuah kolam. Disebutkan dalam pesan berantai, gadis berusia antara 13 tahun sampai 17 tahun itu hamil karena seorang bocah ejakulasi di dalam kolam.

Hal ini pun sampai ke tangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang kemudian memberikan penjelasan resmi sebagai berikut:

Telah beredar kabar di media sosial mengenai hamilnya sebanyak 16 orang gadis karena ulah seorang bocah lelaki yang berejakulasi di dalam kolam renang.

Setelah ditelusuri, berita tersebut adalah Tidak Benar. Berita serupa sudah sering beredar di media dan sudah dinyatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin terjadi. Dikutip dari hoaxes.id, American Pregnancy menjelaskan bahwa sperma di kolam renang, bak mandi atau bak mandi air panas, tidak mungkin mampu masuk ke dalam bagian organ intim wanita dan menyebabkan kehamilan.


Sebelumnya, Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS pernah menjelaskan bahwa berenang di kolam renang tidak akan membuat seseorang hamil dengan mudahnya.

"Mitos itu harus diluruskan. Berenang tidak akan membuat hamil begitu juga dengan oral seks," katanya kala itu.

Ada lagi hal yang perlu jadi pertimbangan. Dalam kondisi normal, sperma bisa bertahan hidup selama 3-5 hari dalam tubuh wanita. Di kolam yang berisikan kandungan bermacam-macam seperti klorin, sperma tidak punya waktu bertahan yang lama sehingga risiko kehamilannya rendah.

Untuk di air hangat atau bak mandi air panas, sperma memang bisa bertahan lebih lama dikarena sperma bisa berkembang di tempat yang hangat dan basah. Akan tetapi bukan berarti ini membuat sperma bisa dengan mudahnya 'berenang' masuk ke dalam vagina. Jadi kesimpulannya, berenang tidak serta merta membuat seorang wanita hamil.

(ask/up)