Selasa, 25 Jun 2019 08:36 WIB

'Tato' Petir Unik Muncul di Tubuh Wanita Ini Usai Disengat Hewan Laut

Firdaus Anwar - detikHealth
Tato petir karena disengat hewan laut. Foto: Tangkapan layar Facebook Tato petir karena disengat hewan laut. Foto: Tangkapan layar Facebook
Jakarta - Di media sosial beredar foto menunjukkan apa yang mungkin sekilas tampak seperti tato petir di kulit seorang wanita. Perlu diketahui kalau pola tersebut sebetulnya bukan 'tato' melainkan luka akibat sengatan parah hewan laut ubur-ubur portugis (Physalia physalis).

Naomi Mateos (22) mengatakan kalau ia bersama temannya sedang main berenang di pantai kota Lorca, Spanyol, saat tiba-tiba merasakan sensasi menyengat di punggung. Saat itu juga Naomi berteriak histeris kesakitan sampai seluruh tubuhnya kaku.



Merespons teriakan Naomi, sang teman datang memberikan bantuan mencoba menjauhkan hewan yang secara teknis sebetulnya bukan ubur-ubur tersebut dengan sepatu kaki katak.

"Kulit saya rasanya seperti terbakar. Saya rasanya ingin mati. Saya berteriak-teriak seperti seorang wanita gila," ungkap Naomi seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (24/6/2019).

"Teman melihat ada tentakel biru menempel di kulit saya dan sadar kalau ini hewan ubur-ubur portugis," lanjutnya.

Naomi sempat mendapat pertolongan kompres kain hangat dan obat penahan sakit sebelum ambulans datang. Di rumah sakit ia menghabiskan waktu seharian dalam pengaruh obat morfin sebelum akhirnya rasa sakit mereda menunjukkan bekas luka parah seperti pola petir mulai dari tangan, dada, hingga punggung.

Ubur-ubur portugis sendiri diketahui sebagai salah satu jenis hewan laut dengan racun berbahaya bagi manusia.

(fds/up)