Kamis, 27 Jun 2019 12:48 WIB

Bu Risma Terserang Asma dan Maag Sekaligus, Adakah Kaitannya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, (Foto: Hilda Meilisa Rinanda) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Jakarta - Wali Kota Surabaya, Tri Rismahani, sedang dirawat di rumah sakit. Diagnosa dokter menyebut Risma mengalami kekambuhan maag dan asma yang dipicu oleh kelelahan.

Sakit maag dan asma merupakan dua penyakit berbeda. Satu menyerang lambung dan lainnya menyerang paru-paru. Lalu, apa kira-kira yang menjadi pemicu kedua penyakit ini kambuh secara bersamaan?

"Ada yang namanya penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), biasanya itu dekat-dekat dengan penyakit asma," kata spesialis paru dari Omni Hospital Pulomas, dr Frans Abednego Barus, SpP, saat dihubungi detikHealth, Kamis (27/6/2019).



"Dan selama ini kalau Ibu Risma mengkonsumsi obat asma, hampir rata-rata obat asma termasuk obat-obat pelega, steroid, obat minum asma, berpotensi mempengaruhi asam lambung," sambungnya.

Pengidap asma memang dua kali lebih rentan terkena Gastroesophageal Reflux Disease dibandingkan yang tidak memiliki asma. Dikutip dari Mayo Clinic, asam lambung dapat membuat gejala asma memburuk dan asma dapat memperburuk gejala refluks asam lambung.

"Akan sering terjadi keluhan pada lambung pada penggunaan obat minum untuk mengatasi asma," pungkas dr Frans.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)