Kamis, 27 Jun 2019 13:22 WIB

Ancaman Heat Stroke dan Kaitannya dengan Foto Pemotor Bugil yang Viral

Firdaus Anwar - detikHealth
Saking gerahnya pria ini memilih berkendara naik motor telanjang. (Foto: Twitter/Polizei Brandenburg) Saking gerahnya pria ini memilih berkendara naik motor telanjang. (Foto: Twitter/Polizei Brandenburg)
Jakarta - Eropa saat ini sedang dilanda fenomena gelombang panas yang membuat suhu di beberapa tempat meningkat ekstrem diprediksi bisa sampai melebihi 40 derajat celsius. Di Jerman misalnya suhu tertinggi hingga 26 Juni 2019 tercatat mencapai 38,6 derajat celsius memecahkan rekor cuaca panas tahun 1947.

Terkait hal tersebut belakangan viral sebuah foto yang menunjukkan seorang pria berkendara naik motor bugil diunggah oleh akun resmi Twitter polisi Brandenburg. Tampak dalam foto sang pengendara motor hanya menggunakan helm dan sendal.

Ketika ditanya oleh petugas yang menghentikannya sang pengendara mengaku kegerahan akibat suhu yang terlalu panas.


"Kami tidak bisa menyalahkannya, tapi tetap meminta agar dia minimal pakai celana lalu silahkan boleh melanjutkan perjalanan," tulis keterangan polisi seperti dikutip dari Euronews, Kamis (27/6/2019).

"Prinsipnya memang tidak ada larangan berkendara bugil. Tapi kalau sampai orang lain merasa terganggu, bisa ada komplain," lanjut pihak kepolisian.

Gelombang panas sendiri memang bisa berbahaya menyebabkan kondisi heat stroke. Ini terjadi ketika tubuh tidak mampu mengendalikan suhu internal yang normalnya sekitar 37 derajat celsius.

Gejala heat stroke termasuk kurangnya keringat, pusing, mual, dan muntah-muntah. Heat stroke menyebabkan kulit memerah dan mempercepat kerja nadi. Jika tidak ditangani dengan cepat, heat stroke dapat mengakibatkan kematian atau cacat permanen.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)