Sabtu, 29 Jun 2019 14:12 WIB

Bisakah Hepatitis A Berkembang Menjadi Penyakit Hepatitis B?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
KLB Hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur. Foto: Purwo Sumodiharjo KLB Hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur. Foto: Purwo Sumodiharjo
Jakarta - Kasus Hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB) mengingat jumlah pasien yang bertambah dengan pesat. Pemkab Pacitan sendiri telah melakukan beberapa upaya dalam menekan angka pasien di sana.

Sebenarnya hepatitis sendiri bukanlah kata yang asing di telinga. Namun, jika Anda beranggapan Hepatitis A dan Hepatitis B adalah tingkatannya, berarti informasi tersebut tidaklah benar. Sebab keduanya merupakan penyakit yang bersumber dari dua virus yang berbeda.

"Hepatitis virus A tidak bisa menjadi hepatitis B. Karena memang virus penyebabnya berbeda. Oleh karena itu kalau pernah divaksinasi oleh vaksin hepatitis B tidak berarti juga sudah terlindungi dari infeksi virus hepatitis A," Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH melalui pesan singkat menuturkan.

Tetapi bisa saja dalam satu kasus pasien mengalami 2 macam infeksi yaitu infeksi virus B dan juga hepatitis virus A. Karena itu hidup sehat dengan makan yang teratur dan cukup gizi, istirahat cukup dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran menjadi sangatlah penting ya detikers.


"Cuci tangan pakai sabun yang rutin, sebelum dan sesudah makan dan setelah keluar dari toilet, apalagi penyakit ini tertular melalui makanan dan minuman. Khusus untuk yang mengurus orang sakit dengan hepatitis A harus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik kalau perlu dengan mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral," sarannya.

Vaksinasi hepatitis virus A juga sebaiknya diberikan bagi orang yang akan berkunjung pada daerah yang sedang terjangkit KLB atau wabah 2 minggu sebelum berada di lokasi terjadinya KLB. Sehat-sehat ya, detikers.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/up)