Minggu, 30 Jun 2019 16:10 WIB

Viral Foto Miris Burung Laut Beri Makan Anaknya Puntung Rokok

Firdaus Anwar - detikHealth
Burung laut ini disebut menyuapi anaknya puntung rokok. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Burung laut ini disebut 'menyuapi' anaknya puntung rokok. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Sampah plastik sering disebut jadi polutan laut berbahaya, namun sebenarnya bukan pencemar nomor satu di laut. Laporan dari Truth Initiative menyebut kalau puntung rokok yang menempati posisi tersebut menyumbang sekitar 30-40 persen polutan di laut.

Terkait hal tersebut belakangan viral foto yang menunjukkan burung laut jenis Rynchops niger 'menyuapi' anaknya dengan sampah puntung rokok. Diunggah oleh seorang pengguna Facebook bernama Karen Mason pada Selasa (25/6/2019), foto tersebut sudah ratusan kali dibagikan mengundang berbagai komentar dari netizen.


"Kalau kamu seorang perokok, tolong puntungnya jangan dibuang sembarangan," tulis Karen saat mengunggah foto.

"Sampah ini tidak hanya melukai hewan tapi juga berbahaya bagi lingkungan karena bisa menyebabkan kebakaran hutan. Foto ini punya pesan yang kuat. Sangat menyedihkan," balas pengguna Facebook lain.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Tobacco Control melihat kalau puntung rokok beracun bagi kehidupan di laut. Setengah ikan yang ditempatkan di air tercemar puntung rokok terbukti bisa mati keracunan dalam waktu empat hari.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) puntung-puntung rokok tersebut berakhir di laut akibat kebiasaan buang sampah sembarangan. Sekitar dua per tiga puntung rokok yang dibuang di pinggir jalan, got, atau sungai akan mengalir mengikut arus air hingga akhirnya berakhir di laut.



Simak Video "Waspada! Polusi Udara Juga Bisa Terjadi di Dalam Ruangan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)