Senin, 01 Jul 2019 12:54 WIB

Dirut BUMN Film Meninggal Karena Serangan Jantung, Kenali Gejalanya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Direktur Utama PFN Mohamad Abduh Aziz yang meninggal karena serangan jantung. Foto: Fadhly Fauzi Rachman Direktur Utama PFN Mohamad Abduh Aziz yang meninggal karena serangan jantung. Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta - Kabar duka datang dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang perfilman, Perum Perusahaan Film Negara (PFN). Direktur Utama PFN Mohamad Abduh Aziz meninggal dunia akibat serangan jantung pada Minggu (30/6/2019) malam.

"Ya. (Serangan) jantung sekitar pukul 23.05 WIB di RS Harum S, Kalimalang. Rencana pemakaman Almarhum, Senin (1/7/2019) di TPU Tanjung Barat. Berangkat dari rumah duka jam 10.00 WIB," kata Sekretaris Perusahaan PFN PFN Karimun Manurung dikutip dari detikcom.


Serangan jantung bisa menyerang siapa saja dari berbagai lapisan usia. Gejala paling umum adalah nyeri dada yang mengakibatkan penderita merasa sesak napas. Namun sebetulnya nyeri dada bukan satu-satunya gejala pada serangan jantung. Dikutip dari WebMD, berikut gejala serangan jantung lain yang patut diwaspadai.

1. Mual

Gejala mual kadang disertai nyeri perut, yang mengakibatkan serangan jantung kerap dianggap masuk angin. Keluhan lain yang kerap muncul adalah rasa tidak nyaman di bagian lambung. Perempuan dilaporkan lebih sering mengalami gejala mual dan perut terasa nyeri.

2. Nyeri di bagian lengan

Menurut ahli jantung dari Penn State Hershey Heart and Vascular Institute Charles Chambers, MD, beberapa pasiennya menyalami nyeri di bagian lengan yang ternyata serangan jantung. Umumnya, gejala klasik serangan jantung adalah nyeri di sebelah kiri tubuh. Nyeri berawal di dada yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

3. Pusing

Dokter Vincent Bufalino, MD dari American Heart Association mengatakan, rasa pusing seperti melayang mengindikasikan penurunan tekanan darah. Kondisi ini terjadi karena jantung tidak bisa memompa dengan optimal. Kendati begitu, rasa pusing bisa disebabkan berbagai hal. Bila kerap merasa pusing sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Nyeri rahang

Keluhan nyeri rahang dan kerongkongan biasanya berkaitan dengan jaringan otot, pilek, atau masalah sinus. Namun, gejala ini patut diwaspadai bila diawali tekanan di dada yang menyebar hingga rahang dan kerongkongan. Sebaiknya segera mencari pertolongan karena gejala tersebut bisa jadi merupakan serangan jantung.

5. Keringat

Munculnya keringat dingin menjadi gejala lain serangan jantung yang patut diwaspadai. Bila merasa tubuh mengeluarkan keringat dingin dan punya faktor risiko serangan jantung, sebaiknya segera mencari pertolongan.



Lihat video Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)