Selasa, 02 Jul 2019 11:24 WIB

Musim Haji Tiba, Ini 3 Vaksin yang Disarankan Bagi Calon Jemaah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jamaah haji di Masjidil Haram. (Foto: Fuad Fariz) Jamaah haji di Masjidil Haram. (Foto: Fuad Fariz)
Jakarta - Pemberangkatan jemaah haji kloter 1 untuk musim haji tahun 2019 sebentar lagi akan dilakukan. Sebelum berangkat, calon jemaah haji tentu melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga diberikan vaksin agar terhindar dari penyakit ketika melakukan ibadah di Tanah Suci.

"Sampai sekarang vaksin yang diberikan bagi calon jemaah haji adalah vaksin meningitis, untuk lainnya mungkin berbeda dengan negara lain karena beberapa alasan tertentu," tutur Sekjen Kemenkes RI, Oscar Primadi, saat dijumpai detikHealth, Selasa (2/7/2019).



Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, dr Eka Jusup Singka, mengatakan selain vaksin meningitis, terdapat 2 jenis vaksin lain yang disarankan bagi calon jamaah haji.

"Selain meningitis ada vaksin influenza tapi tidak diwajibkan dan menjadi pilihan. Ada juga (vaksin-red) pneumonia untuk menghindari terjadinya infeksi paru-paru," kata dr Eka.

Untuk pemberian vaksin selain meningitis, memang tidak dilakukan secara resmi. Hanya saja jika masyarakat menginginkan untuk perlindungan ganda, bisa diberikan yang dikoordinasikan dengan kabupaten dan kota setempat.



Simak Video "Pesan Berantai soal Pasien BPJS Kesehatan Darurat Dipastikan Hoaks"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)