Rabu, 03 Jul 2019 12:55 WIB

Penjelasan Kenapa Setelah Cukur Rambut Bisa Tampak Tumbuh Tebal dan Lebat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi mencukur rambut di tubuh. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi mencukur rambut di tubuh. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Mencukur rambut di beberapa bagian tubuh kerap dilakukan pria atau wanita. Bagi pria, mereka sering mencukur rambut di area dagu atau mencukur kumisnya. Berbeda dengan wanita yang lebih sering mencukur rambut ketiak, kaki, atau tangan.

Hal yang sering menjadi pertanyaan dan membuat seseorang malas mencukur adalah ketakutan akan rambut yang telah dipangkas akan tumbuh lebih tebal dan lebat dari sebelumnya. Apa benar?

"Tentu tidak. Mencukur rambut tidak mengubah ketebalannya, warnanya, kelebatannya, atau mempercepat waktu tumbuh," kata konsultan dermatologis dari Mayo Medical School, dr Lawrence Gibson MD, dikutip dari Self.



dr Gibson menambahkan mencukur rambut pada area wajah atau tubuh lain akan meninggalkan bekas yang mungkin terasa agak kasar yang dalam beberapa saat akan tumbuh kembali.

"Selama fase ini, rambut mungkin lebih terlihat gelap atau lebih tebal padahal sebenarnya tidak," tambahnya.

Namun jika merasa adanya peningkatan volume rambut wajah atau tubuh segera konsultasikan pada dokter. Sebab hal tersebut bisa saja merupakan efek samping obat atau tanda kondisi medis lainnya.



Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)