Rabu, 03 Jul 2019 17:20 WIB

Pakar Genetik Tanyakan Sebutan Infus Kromosom yang Ramai di Kalangan Artis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi perawatan kecantikan dengan infus kromosom. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Beberapa artis melakukan infus kromosom disebut-sebut untuk menunjang kesehatan dan kecantikannya. Namun, pakar genetik mempertanyakan sebutan 'ifus kromosom' dan isi kandungan di dalamnya.

dr Widya Eka Nugraha, MSi Med, konselor genetika dari RS Medika Dramaga Bogor mengatakan bahwa infus kromosom ini tidak dikenal sebagai terapi genetik.

"Tapi kalau di dalam infus kromosom tersebut tidak mengandung kromosom, ya sebaiknya jangan pakai nama infus kromosom dong. Karena bisa jadi pembohongan publik," ujarnya kepada detikHealth, Rabu (3/7/2019).



Kromosom sendiri adalah kumpulan DNA yang terletak di dalam inti sel di setiap tubuh makhluk hidup. Pada manusia, hewan, dan tumbuhan sebagian besar kromosom tersusun berpasangan di dalam inti sel. Normalnya, manusia memiliki 23 pasang kromosom di dalam tubuhnya atau sama dengan 46 salinan.

Karena belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat dari terapi infus kromosom ini, dr Widya menyarankan agar pemerintah harus peka terhadap penetapan standar pelayanan kesehatan semacam ini.

"Seseorang atau institusi yang menyediakan jasa pemberian infus kromosom harus terbuka kepada masyarakat mengenai isi atau kandungan seluruhnya dari infus kromosom yang dimaksud," tandasnya.



Simak Video "Cegah Kanker Serviks Sejak Dini dengan Tes HPV DNA"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)