Rabu, 03 Jul 2019 18:20 WIB

Kembali Beredar Hoaks Merebus Ulang Air Matang Bisa Sebabkan Keracunan

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Tangkapan layar Facebook Foto: Tangkapan layar Facebook
Jakarta - Di media sosial beredar imbauan agar jangan merebus ulang air yang sudah matang. Alasannya karena disebut hal itu dapat memunculkan bahan kimia seperti arsenik, nitrat, dan fluoride yang berbahaya bagi tubuh.

Kondisi seperti penyakit kanker, diabetes, sakit jantung, hingga IQ anak yang rendah disebut bisa disebabkan kebiasaan mengonsumsi air matang yang direbus kembali.

"AIR yang sudah Matang & Direbus ulang akan merubah susunan Kimianya. Sehingga malah menjadikannya RACUN bagi tubuh kita," tulis satu pesan yang diunggah di Facebook 8 Maret 2019 lalu dan sudah dibagikan lebih dari 1.000 kali.

"Benar enga saya sering masak air yang udah di rebus kembali.untuk suami saya yang sedang sakit," komentar salah satu netizen.



Terkait hal tersebut detikcom sebetulnya sudah pernah melakukan investigasi dan menemukan kalau ini informasi hoaks. Peneliti Agus Haryono yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membantah tidak mungkin zat-zat tersebut muncul begitu saja pada air putih.

Proses pemanasan memang bisa menyebabkan terjadinya reaksi kimia, namun itu terjadi bila dalam suatu media sudah ada zat yang siap bereaksi. Sementara itu dalam air putih normalnya tidak ada zat berbahaya yang bisa bereaksi.

"Dalam hal air putih, pada awal mula memang tidak ada zat pereaksi. Sehingga tidak mungkin suatu zat bisa timbul begitu saja, tanpa ada penambahan di awal reaksi. Proses pemanasan pertama, kedua maupun dan seterusnya tidak akan bisa menghasilkan suatu zat baru," jelas Agus beberapa waktu lalu.

"Jadi cerita itu tidak benar dan dipastikan hoax," pungkasnya.



Simak Video "Panci Oh Panci, Kenapa Hargamu Beda Jauh?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)
News Feed