Kamis, 04 Jul 2019 18:30 WIB

Bukan Cuma Raffi Ahmad, Profesi Ini Juga Berisiko Suara Menghilang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Raffi Ahmad. Foto: Noel/detikFoto Raffi Ahmad. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Selebriti Raffi Ahmad berisiko kehilangan suara jika tak segera melakukan operasi. Seperti yang diberitakan detikcom, tindakan tersebut untuk menghilangkan benjolan di tenggorokan.

Profesi entertainer yang dijalani Raffi bukan satu-satunya yang berisiko kehilangan suara. Dikutip dari Cleveland Clinic, ada juga profesi lain yang berisiko serupa jika tak merawat kesehatan pita suara dan tubuhnya dengan baik.



Pekerjaan tersebut adalah guru, pedagang (salesperson), konsultan, tenaga pelayanan (customer service representatives), dan sales representative. Risiko disebabkan karena bicara terlalu banyak, terlalu keras, terlalu rendah, dan sering teriak atau bernyanyi.

Risiko makin berat jika pasien merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, sering batuk keras, dan berdehem. Faktor risiko tersebut mengakibatkan munculnya nodul, polip, atau pendarahan yang mengganggu produksi suara.

Tentunya gangguan tidak langsung muncul usai menggunakan suara berlebihan. Gangguan diawali serak, suara yang tidak bersih, kesulitan mengubah nada suara, dan rasa letih. Serak wajib diwaspadai jika tak kunjung hilang setelah 2-4 minggu, secepatnya berkonsultasi pada dokter.



Simak Video "Fungsi Macam-macam Suara Sirine Ambulans, Seperti Ini Bunyinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)