Jumat, 05 Jul 2019 12:28 WIB

Ilmuwan Berhasil Sembuhkan HIV pada Tikus, Akankah Manusia Selanjutnya?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilumwan berhasil sembuhkan HIV pada tikus. Foto: Thinkstock Ilumwan berhasil sembuhkan HIV pada tikus. Foto: Thinkstock
Jakarta - Para ilmuwan dari Temple University's Lewis Katz School of Medicine dan University of Nebraska Medical Center telah membuat suatu terobosan dalam dunia medis. Mereka berhasil menyembuhkan HIV (human immunodeficiency virus) pada tikus percobaan untuk pertama kalinya.

Melalui kombinasi pengeditan gen dan terapi antivirus, para ilmuwan ini berhasil menghilangkan HIV pada tikus dengan sistem kekebalan tubuh yang direkayasa. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Di dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menjelaskan bagaimana mereka menggunakan strategi terapi baru pertama kalinya yang disebut LASER ART (Long-Acting, Slow-Effective Release) untuk menghentikan replika sel-sel HIV. Dan kemudian mengambil DNA HIV dari infektif genom.



"Kami ingin melihat apakah LASER ART dapat menekan replikasi HIV cukup lama untuk CRISPR-Cas9 untuk benar-benar menghilangkan sel-sel DNA virus," kata peneliti senior, Kamel Khalili, dikutip dari NY Post.

Para ilmuwan berharap metode eksperimental ini bisa diterapkan pada manusia. Mengingat data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, hampir 37 juta orang mengidap HIV yang dapat berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) jika tidak diobati dengan baik.

"Pesan besar dari pekerjaan ini adalah bahwa ... kita sekarang memiliki jalur yang jelas untuk bergerak maju ke uji coba pada primata non-manusia dan mungkin uji klinis pada pasien manusia dalam tahun ini," harap Khalili.



Simak Video "Virus HIV Bisa Dihambat Sama Obat ARV"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)
News Feed