Jumat, 05 Jul 2019 14:33 WIB

Viral Geng Pencuri Ginjal, Ini Faktanya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Hoax pencurian ginjal yang kembali ramai di Facebook. Foto: Viral Facebook Hoax pencurian ginjal yang kembali ramai di Facebook. Foto: Viral Facebook
Jakarta - Media sosial kembali ramai soal geng pencuri ginjal yang beraksi di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di luar negeri. Dalam lamannya, Kominfo menjelaskan tulisan tersebut adalah kabar yang tidak benar alias hoax. Tulisan tersebut memiliki beberapa versi yang semuanya adalah hoax, baik yang dikatakan terjadi di Jakarta atau kota lainnya.

"Faktanya informasi tersebut merupakan cerita palsu yang sudah cukup lama beredar bahkan beredar di lingkup internasional. Setelah ditelusuri cerita ini bahkan sudah ada pada tahun 1997 dan diketahui bahwa tidak ditemukan sumber kredibel yang memberitakan kasus tersebut," tulis Kominfo dalam situsnya dan media sosial Facebook.

Selain Kominfo, Fred Herbert yang sempat menjadi Ketua National Kidney Foundation juga membantah rumor tersebut. Rumor sempat beredar di Amerika dan mengakibatkan masyarakat resah. Sejumlah biro perjalanan dikabarkan memperingatkan turis supaya berhati-hati dan tidak sembarang bicara, menerima minuman, atau makanan dari orang asing.

"Sangat disayangkan rumor ini kembali beredar setelah puluhan tahun berlalu. Operasi donor ginjal perlu beberapa pemeriksaan sebelum benar-benar diterapkan. Tidak mungkin tes dilakukan saat pasien tidak sadar, yang artinya kabar tersebut sangat mustahil kebenarannya. Di Amerika sendiri kabar ini terbukti tidak benar," kata Herbert.


Tulisan soal pencurian ginjal dalam kondisi tersebut punya beberapa versi, yang semuanya tidak benar alias hoax. Selain Jakarta, tulisan tersebut menggunakan latar negara lain di dunia misal Australia. Berikut salah satu versinya

"DISIMAK ..... JAGA DIRI SAJA :

Di Jakarta ada seorg mahasiswi menghadiri perayaan di Crown pada suatu Sabtu malam. Dia merasa sangat bahagia dan banyak minum miras. Pd saat itu datanglah seorg pemuda ganteng menghampiri dan duduk di dpn dia. Dg segala cumbu rayunya akhirnya mahasiswi itu setuju utk di ajak ikut pemuda ganteng tsb ke sebuah hotel yg berdekatan di daerah itu dan mrk check in pada sbh kamar suite yg mewah. Di dlm kamar, mahasiswi minum miras dan dia mulai merasa tdk sadar dan tertidur.

Pd saat ia terbangun, ia menemukan dirinya telanjang dan terbaring dlm sbh bathtub yg penuh dg es balok. Ia menemukan secarik kertas di samping bathtub tsb dg tulisan merah yg berbunyi:"TELP UGD KALAU TIDAK ANDA AKAN MATI". Handphone dia jg terletak di samping kertas itu. Dia meraihnya dan menelpon no tsb dan memberitahu keadaannya; dokter minta dia agar memeriksa bag punggungnya; hasilnya dia memenemukan 2 luka sepanjang 9 inch pd bag bawah punggungnya! Dokter minta dia agar tetap berbaring pd bak mandi yg penuh es tsb dan agar tdk banyak bergerak!

Team penolong akan segera datang menolongnya! Rupanya GINJAL nya telah dicuri!!! Luka pd punggungnya adalah bekas jahitan waktu diambil ginjalnya!

Di pasar gelap sebuah ginjal dinilai seharga Rp. 500.000.000 ! Menurut diagnosis dokter hakim; dlm minumannya mungkin tdk hanya terkandung obat bius biasa, ttp juga obat bius mati rasa yg keras; es balok tsb jg membantu menghilangkan rasa sakit, shg utk sementara korban tdk merasa sakit. Tragisnya si mahasiswi tsb tdk mendptkan sumbangan ginjal segera, shg ia TIDAK tertolong. Kepolisian menghimbau kpd masyarakayt, bahwa : TERJADI TINDAK KRIMINAL BARU; sasaran utama nya pemuda-pemudi, turis, dan pelajar. WASPADALAH ...!!!!! PLEASE Baca, PENTING!!!!! Silakan dibroadcast kpd teman2 utk referensi/ perhatian."

Simak Video "Fakta-fakta Seputar Batu Ginjal yang Diidap Dorce Gamalama"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
News Feed