Senin, 08 Jul 2019 10:21 WIB

Kanker Paru Stadium 4 dan Risiko Kematian

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Dok. detik) Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Dok. detik)
Jakarta - Sebelum wafat, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, sempat berjuang melawan kanker paru stadium 4 yang diidapnya sejak Desember 2017 lalu.

Meski kanker yang diidapnya sudah mencapai stadium lanjut, penyakitnya itu tidak membuatnya patah semangat dan masih memiliki keinginan besar untuk sembuh. Bisa dilihat dari dirinya yang masih sangat aktif dan gesit saat melaporkan kejadian bencana alam yang terjadi di Tanah Air.

Tentang kanker paru stadium 4, sel kanker biasanya sudah bermetastasis atau menyebar melampaui paru-paru ke organ tubuh lainnya. Dikutip dari Cancer Center, sekitar 40 persen pasien didiagnosis mengidap kanker paru ketika mereka telah berada di stadium 4.


Praktisi klinis dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, menuturkan pada pasien kanker stadium lanjut atau stadium 4, biasanya dokter bisa memprediksi kondisi pasien atau prognosisnya.

"Dokter bisa memprediksi angka kelangsungan hidup (survival rate) dalam 1 tahun atau 5 tahun. Semakin lanjut sakitnya semakin rendah harapan hidupnya. Mengetahui informasi mengenai harapan hidup menjadi penting untuk diketahui oleh pasien dan keluarga pasien sehingga pasien dan keluarga lebih siap menghadapi kematian," tulis dr Ari dari rilis yang diterima detikHealth.

Lebih lanjut, dr Ari menambahkan seseorang yang mengalami sakit kanker setelah menjalani proses pengobatan akan mengalami tiga hal: remisi, remisi dengan gejala sisa atau mengalami kematian. Kematian yang terjadi memang bisa diprediksi diawal saat kepastian diagnosis pasien ditegakkan

"Kanker paru memang salah satu penyebab kematian terbesar pada laki-laki. Umur harapan hidup kanker paru stadium 4 sekitar 4,7 persen dan kondisi ini juga dipengaruhi oleh kondisi pasien, umur, jenis kelamin, etnis dan respon terhadap pengobatan," pungkasnya.



Eksklusif! Perjuangan Sutopo Melawan Kanker Paru Stadium 4B:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Mengenang Sutopo: Kanker, Kucing, dan Raisa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)