Senin, 08 Jul 2019 17:15 WIB

Viral Hoax Daging Impor dari China Berbahan Daging Manusia

Firdaus Anwar - detikHealth
Beredar informasi China impor daging manusia. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Beredar informasi China impor daging manusia. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Di Facebook beredar informasi viral yang menyebut kalau daging impor dari China menggunakan bahan daging manusia. Disertakan juga foto-foto petugas berseragam sedang memeriksa daging cincang dan apa yang tampak seperti jenazah manusia dalam ruang daging.

Postingan tersebut diunggah pada 25 Juni lalu dan hingga Senin (8/7) sudah dibagikan lebih dari 18 ribu kali mengundang sekitar 750 komentar.

Viral Hoax Daging Impor dari China Berbahan Daging ManusiaFoto: Tangkapan layar Facebook



"Ini bnaran apa gk sih ..masa dging manusia d mkn manusia ...ya allah apa yg trjadi dunia ini," komentar salah satu pengguna Facebook.

Penelusuran oleh beberapa halaman pencari fakta seperti Snopes menemukan kalau kisah tersebut adalah tidak benar alias hoax. Isu ini sudah beredar sejak tahun 2016 dan salah satu foto 'daging manusia' yang digunakan adalah foto marketing dari game Resident Evil tahun 2012.

Kementerian Luar Negeri China sendiri sudah membantah kalau salah satu perusahaan negaranya mengimpor produk daging manusia.

"Ini adalah fitnah jahat yang sama sekali tidak bisa diterima oleh kita," tulis Kementerian Luar Negeri China saat hoax ini menyebar tahun 2016 lalu seperti dikutip dari BBC.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)