Selasa, 09 Jul 2019 08:30 WIB

4 Asupan Sehat yang Mengandung Lebih Banyak Kalori daripada Coklat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Deretan makanan ini punya kalori sedikit lebih tinggi dibanding coklat. (Foto: iStock) Deretan makanan ini punya kalori sedikit lebih tinggi dibanding coklat. (Foto: iStock)
Jakarta - Mencoba untuk makan sehat tapi tetap kesulitan untuk menurunkan berat badan? Bisa saja masalahnya ada pada isi makanan di piringmu. Tentu saja, memilih alpukat daripada sekantong keripik adalah pilihan yang bijak tapi terkadang pilihan makanan sehat itu mengandung lebih banyak kalori daripada yang kamu pikirkan.

Nutrisionis dari Australia, Melissa Meier, menyebut ada beberapa makanan sehat yang ternyata memiliki kandungan kalori lebih banyak dari coklat. Untuk lebih jelas dalam membandingkan, ia berkata 2 batang coklat atau sekitar 20 gram memiliki sekitar 117 kalori. Lalu bagaimana dengan makanan sehat lainnya?

Berikut perbandingannya dikutip dari body+soul.



1. Alpukat = 330 kalori
Buah alpukat ini kaya dengan lemak sehat yang sangat baik untuk jantung, namun itu membuatnya sangat padat energi. Jadi alih-alih memakan satu buah penuh, ada baiknya untuk memakan hanya seperempat atau setengahnya saja.

2. Sesendok minyak zaitun = 163 kalori
Minyak zaitun memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang berisi sekitar 4 kalori dalam satu sendok. Selain itu minyak zaitun juga mengandung lemak sekitar 9 kalori. Jadi jika mengonsumsi minyak murni seperti minyak zaitun pun memiliki dampak buruk untuk dietmu. Tentu bukan tidak boleh, tapi menuangkan minyak zaitun pada semua jenis makan juga terlalu berlebihan.

3. Sepotong roti gandum = 128 kalori
Tentu saja, roti adalah makanan yang sehat dan karbohidrat tidak buruh bagi tubuh. Jika memilih makan roti gandum, kamu akan mendapatkan energi yang lebih tahan lama dan seratnya bisa membuat usus lebih sehat. Hanya saja, memang jumlah kalorinya sedikit lebih banyak dari coklat.

4. Sesendok selai kacang = 149 kalori
Selai roti favorit ini sebenarnya sehat, asal kamu memilih yang mengandung bahan alami. Sekali lagi, selai kacang kaya kan lemak sehat yang memasok banyak energi. Tapi harus ingat untuk konsumsi pada takaran yang masuk akal, misal hanya sesendok dan bukan makan semuanya sekaligus.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)