Selasa, 09 Jul 2019 19:45 WIB

13 Manfaat Pepaya bagi Tubuh, Harus Dicoba!

Fithria Pratiwi - detikHealth
13 Manfaat Pepaya bagi Tubuh, Harus Dicoba!/Foto: iStock 13 Manfaat Pepaya bagi Tubuh, Harus Dicoba!/Foto: iStock
Jakarta - Buah pepaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh yang harus dicoba. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak.

Pepaya mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu menjaga tubuh tetap bugar. Selain untuk melancarkan pencernaan, ada manfaat lainnya yang bisa dirasakan. Berikut manfaat lain dari pepaya yang dirangkum dari berbagai sumber:



1. Cocok Untuk Diet

Pepaya bisa kamu konsumsi saat menjalani diet. Hal ini disebabkan karena biasanya pada saat menjalani diet, tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Kandungan dari buah pepaya dapat membuat tubuh tidak merasa kekurangan cairan. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi jus.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat pepaya dapat dirasakan untuk menjaga kecantikan rambut. Rajin mengonsumsi pepaya dapat membuat rambut lebih subur. Konsumsilah pepaya secara rutin agar rambut menjadi lebat dan subur.

3. Melembutkan Kulit Wajah

Buah pepaya mengandung AHA yang sangat berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Ada banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya. Kandungan pepaya juga dapat memberikan kulit terasa lembut dan halus.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Salah satu manfaat vitamin A yaitu memberikan kelembapan yang cukup agar mata terlumasi dengan baik.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pepaya jika dikonsumsi setiap hari dapat menjaga tubuh terhindar dari bakteri dan virus. Pepaya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin A dan C yang dimilikinya.

6. Mengobati Ruam

Selain daging papaya, kulit pepaya juga memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk mengobati ruam. Sensasi dingin dari kulit pepaya akan memberikan efek menenangkan. Selain untuk mengobati ruam, dinginnya kulit pepaya juga dapat mengobati kulit yang terbakar matahari (sunburn).

7. Menurunkan Kolesterol

Rajin mengonsumsi pepaya dapat mencegah penimbunan kolesterol. Timbunan kolesterol dapat berdampak terhambatnya jalan darah sehingga memicu serangan jantung dan juga stroke.




8. Anti Kanker

Likopen yang dimiliki pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kanker.

9. Obat Insomnia

Bagi kamu yang mengalami gangguan sulit tidur, bisa mencoba mencegahnya dengan rajin mengonsumsi buah pepaya. Hal ini disebabkan karena buah pepaya dipercaya dapat mencegah dan mengobati insomnia.

10. Melawan Peradangan

Antioksidan yang dimiliki pepaya dapat membantu melawan peradangan. Peradangan dapat disebabkan oleh makanan dan gaya hidup yang tidak sehat. Atur pola hidup dan konsumsilah pepaya agar bisa menghentikan peradangan yang terjadi.

11. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah pepaya yang ditumbuk buahnya dapat berguna untuk penyembuhan luka. Kandungan enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya sama fungsinya seperti salep.

12. Mencegah Kerutan

Vitamin E yang dimiliki pepaya dapat mencegah pembentukan kerutan. Selain itu, vitamin C dan E dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mempertahankan kekencangan kulit.

13. Mencegah Asma

Mengonsumsi sejumlah makanan tertentu dapat mencegah risiko asma. Salah satu makanan yang bisa digunakan yaitu pepaya karena kandungan beta karoten yang dimikilinya.

Itulah beberapa manfaat pepaya yang bisa dirasakan untuk tubuh. Dengan mengetahui banyaknya manfaat pepaya tersebut, sudah saatnya kamu memasukkan buah pepaya ke dalam daftar menu makanan sehari-hari.



Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)