Rabu, 10 Jul 2019 13:50 WIB

Pakai Plester Mulut Saat Tidur Seperti Andien, Berbahaya atau Tidak Sih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tak masalah jika ingin gunakan plester mulut saat tidur. (Foto: iStock) Tak masalah jika ingin gunakan plester mulut saat tidur. (Foto: iStock)
Jakarta - Setelah dipopulerkan oleh Andien, bisa jadi akan banyak orang yang penasaran untuk mencoba tren plester mulut saat tidur. Bahkan saat ini sudah banyak testimoni mengenai penggunaan plester mulut saat tidur. Hmm... tapi berbahaya tidak ya?

"Bahaya sih nggak. Ya kalaupun engap pasti kebangun. Tinggal buka plesternya gampang kan," kata praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT, kepada detikHealth, Rabu (10/7/2019).



Untuk efek sampingnya sendiri pun tidak ada. Bahkan, dr Ade, sapaannya, mengatakan tak masalah jika ingin mencoba teknik tidur tersebut hanya saja kalau gangguan tidur yang dialami tak kunjung berhenti, disarankan mengunjungi dokter.

"Aman (tidak ada efek samping-red). Saran saya sih sederhana, dicoba aja. Kalau berhasil, syukur. kalau tidak periksakan ke dokter. Udah gitu aja," tambahnya.

Apabila sudah mencoba trik plester mulut saat tidur namun tidak mendapat efek yang diinginkan, bisa saja ada gangguan pernapasan atau sleep apnea yang diderita. Jika diabaikan, kondisi tersebut bisa sangat berbahaya bahkan sebabkan kematian.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)