Rabu, 10 Jul 2019 17:15 WIB

Foto Viral Tunjukkan Cacar Pada Anak yang Sudah Divaksin Vs Tidak

Firdaus Anwar - detikHealth
Tampak perbedaan drastis tingkat keparahan infeksi cacar. (Foto: Allan Warner/Atlas of Clinical Medicine) Tampak perbedaan drastis tingkat keparahan infeksi cacar. (Foto: Allan Warner/Atlas of Clinical Medicine)
Jakarta - Kalau kamu pernah melihat foto di atas beredar di media sosial, kamu mungkin juga mendengar kalau ini adalah foto dari anak yang diserang penyakit cacar. Apa yang membedakan keduanya disebut satu orang sudah divaksin sementara satu lagi tidak.

"Kedua bocah ini terkena cacar dari sumber yang sama. Satunya sudah divaksin, satu lagi tidak," tulis satu unggahan di Reddit yang sudah dikomentari lebih dari 4.000 kali.


Bagaimana cerita sesungguhnya dari unggahan tersebut? Halaman pencari fakta Snopes menemukan kalau memang itu foto asli diambil oleh seorang dokter bernama Allan Warner dari Isolation Hospital, Inggris, awal tahun 1900-an.

Kala itu Allan sengaja mendokumentasikan sejumlah kasus cacar pada pasien untuk meneliti penyakit tersebut. Studi Allan tentang cacar dipublikasikan di jurnal Atlas of Clinical Medicine, Surgery, and Pathology tahun 1901.

Foto yang viral khususnya disebut oleh Allan dalam jurnal sebagai foto dari dua anak berusia 13 tahun.

"Perhatikan bahwa sementara yang di sebelah kiri berada dalam tahap pustular penuh, yang di sebelah kanan hanya memiliki dua titik cacar yang sudah mulai sembuh dan mengering," tulis Allan.

Foto dari jurnal lama ini kini viral karena sering digunakan sebagai bukti argumen untuk melawan gerakan antivaksin.



Simak Video "Kenali Gejala dan Waspada Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)