Rabu, 10 Jul 2019 19:29 WIB

Ada yang Pakai Tisu Magic untuk Bersihkan Luka, Ini Komentar Dokter Kulit

Firdaus Anwar - detikHealth
Tisu magic disebut untuk bersihkan luka. Foto: Rosmha/detikHealth Tisu magic disebut untuk bersihkan luka. Foto: Rosmha/detikHealth
Jakarta - Tisu magic belakangan populer di pencarian google setelah dilaporkan dibawa oleh beberapa calon jemaah haji 2019. Tisu magic dikenal bisa meningkatkan performa bercinta dan dijual bebas sebagai tisu antiseptik untuk area sensitif.

Karena sifatnya itu tisu magic oleh beberapa orang digunakan untuk berbagai macam hal. Netizen bernama Rama (33) dari Solo sebagai contoh mengaku pernah memanfaatkan tisu magic dalam perawatan luka bakar.



"Aku pernah pakai sih, tapi P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) buat luka. Kebetulan pas latihan di gunung nggak ada P3K, adanya itu. Buat luka bakar, sakitnya jadi berkurang sih," kata Rama pada detikHealth, Rabu (10/7/2019).

Spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali menyebut bahwa tisu magic sebetulnya tidak cocok dipakai untuk membersihkan luka. Apa yang terjadi adalah seseorang bisa jadi merasa lebih baik karena tisu magic membuat sensasi mati rasa.

"Sifatnya bukan antiseptik atau pembunuh kuman tapi analgetik/anestesi atau membuat mati rasa. Jadi tidak tepat kalau untuk membersihkan luka," kata dr Darma dihubungi terpisah.



Simak Video "Obat HIV/AIDS Tersedia Gratis untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)