Jumat, 12 Jul 2019 06:25 WIB

Awas! Sering Mandi Air Hangat Bikin Kulit Ketiak Jadi Sensitif

Kintan Nabila - detikHealth
Pagi-pagi mandi air hangat memang nikmat, tapi terlalu sering bisa bikin ketiak jadi sensitif (Foto: Thinkstock) Pagi-pagi mandi air hangat memang nikmat, tapi terlalu sering bisa bikin ketiak jadi sensitif (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Rasa panas dan gatal saat berkeringat merupakan tanda bahwa kamu memiliki kulit ketiak yang sensitif. Tumbuhnya bintil-bintil seperti jerawat hingga kulit ketiak menghitam tentunya membuatmu stres. Sebenarnya, apa yang menyebabkan seseorang memiliki kulit ketiak sensitif?

dr Melyawati Hermawan, SpKK dari PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) JAYA, mengatakan bahwa mandi dengan air hangat akan melarutkan minyak pada permukaan kulit dan membuat pori-pori kulit terbuka lebar.

"Mandi air hangat akan menggerus minyak pada permukaan kulit. Minyaknya hilang kulit jadi bolong-bolong. Karena minyak lebih mudah larut di air panas," katanya.



Selain itu ia juga mengingatkan bahwa kulit ketiak yang sensitif akan memicu terjadinya iritasi hingga peradangan. Karena itu kita harus lebih memperhatikan jenis produk yang cocok sesuai kebutuhan kulit.

"Orang yang memiliki ketiak sensitif tandanya kulitnya tidak sempurna. Kalau kita pakaikan sesuatu di atas kulitnya, zat iritan yang masuk kedalam akan lebih banyak sehingga mudah terjadi peradangan," katanya.

Selain mandi dengan air hangat, kebiasaan yang dapat membuat kulit ketiak menjadi sensitif adalah pemakaian sabun yang berlebihan. Menggosok dengan kuat dan memberi banyak sabun di area tubuh yang lebih tipis kulitnya.





Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed