Beat Diabetes 2019 Bersama Darius Sinathrya

Sabtu, 13 Jul 2019 21:34 WIB Mustiana Lestari - detikHealth
Foto: detikcom

Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional yang jatuh pada 12 Juli 2019, Tropicana Slim mengajak masyarakat untuk melawan hoax kesehatan khususnya terkait diabetes. Dengan menghadirkan aktor Darius Sinathrya, Tropicana Slim akan mengadakan kegiatan cek gula darah, senam bersama, serta festival makanan dan minuman sehat. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kampanye pencegahan diabetes bertajuk #BeatDiabetes. Agar tahu seputar informasi akurat seputar diabetes, yuk ikutan #BeatDiabetes yang akan diselenggarakan besok di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu, (14/7/2019).

  • 09:52

    Ramai-ramai Cek Gula Darah di #BeatDiabetes

    Selain memberikan informasi terkait diabetes, ada juga cek gula darah gratis di #BeatDiabetes. Peserta pun antusias mengecek gula darah dan berkonsultasi, seperti Hanifah (77).

    "Sudah dicek barusan, gula saya ketinggian, 235, tapi biasanya gak kayak gitu tuh. Di bawah 200. Ya karena belum makan obat, saya pagi ini belum makan obat. Tadi konsultasi ya harus makan obat, makan teratur dan berolahraga. Soal acara ini ya senang, daripada diam di rumah gitu. Terima kasih lah," tuturnya.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 09:35

    Darius Sinathrya Punya Aturan Khusus Cegah Diabetes

    Artis Darius Sinathrya mengatakan punya aturan khusus agar dia dan keluarganya tetap sehat tanpa diabetes.

    "Jadi kepala keluarga. Orang tua jadi role model. Harus begini dan jadi sumber inspirasi dengan ajarin pola hidup sehat dari kecil. Makanan manis itu bukan makanan utama. Masakan rumah lebih sehat. Bisa makan di luar tapi dibatasi," jelas dia.

    Sementara Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim mengatakan batasan asupan gula dari WHO adalah 4 sendok makan bahkan 2 sendok makan per hari lebih sehat.

    "Tropicana coba menghadirkan produk yang lebih sehat karena hati-hati gula tersembunyi. Dengan tropicana, makanan ramah diabetes bisa tetap enak dan manis," jelas dia.

  • 09:25

    Cara Cegah Diabetes Mudah dan Sederhana

    dr Dante menyebut ada cara sederhana yang bisa dilakukan guna mencegah diabetes, salah satunya dengan mengontrol berat badan.

    "Ibu boleh melakukan apa saja yg penting berat badan tidak boleh naik. Penelitian menujukan hampir semua orang mengandung gen diabetes, walaupun belum kena diabetes. Karena kita mengandung gen diabetes maka kita harus mencegahnya, caranya dengan turunkan berat badan," tutur dr Denta.

    Fakta lain, menurut dr Denta, diabetes itu tidak mesti gemuk, kurus pun belum tentu bebas diabetes.

    "Caranya harus evaluasi rutin periksa gula darah setiap tahun 1 kali. Kali saja sudah kena diabetes walaupun kurus tes gula darah setiap bulan," sambungnya.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 09:12

    Cara Tetap Nikmati Manisnya Hidup Tanpa Gula bagi Pengidap Diabetes

    dr Dante mengatakan para pengidap diabetes bisa tetap merasakan manisnya rasa asal gulanya diperhatikan. "Itu mitos kalau menggunakan gula yang tidak murni itu tidak enak. Orang Indonesia kan kalau masak rasanya harus tajam ya. Jadi harus pakai gula tertentu, kalau Tropicana kan gulanya nol kalori, supaya masih tetap bisa menikmati manisnya hidup," kata dr Denta.

    Dia juga mengajak ibu-ibu untuk mengingatkan keluarganya. "Mulai sehat itu dari keluarga, nah ibu-ibu yg datang ke sini adalah pintu dari keluarga. Jadi pulang dari sini ibu-ibu jadi juara supaya memerangi hoax tentang diabetes," tambahnya.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 09:04

    Darius Sinathrya Hindari Gula demi Cegah Diabetes

    Artis Darius Sinathrya mengaku menghindari gula untuk tetap hidup sehat dan mencegah diabetes. Dia awalnya mempercayai kalau gula merah atau gula aren lebih sehat dari gula putih. Namun dr Dante mengatakan keduanya sama saja mengandung kalori.

    "Jadi walaupun gula harus dihindari, tetap kita bisa rasakan nikmati manisnya makanan manis. Tapi harus menggunakan gula khusus yang tidak mengandung kalori," jelas dr Dante.

    "Jadi hoax ya kalau diabetes itu bisa disembuhkan yang ada kontrol gula darah," kata Dante.

    Sementara Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim menyebut masyarakat bisa membatasi asupan gula dan menggantinya dengan gula sehat Tropicana Slim.

  • 08:57

    Fakta atau Hoax, Diabetes dari Keturunan?

    Sesi Talk Show dimulai. Talk Show ini menghadirkan artis Darius Sinathrya, Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim dan dr. Dante Saksono Harbuwono dari RSCM. Sesi talk show ini memberikan informasi Fakta atau Hoax yang bersifat interaktif kepada para peserta.

    dr Dante menjelaskan diabetes memang bisa jadi dari keturunan.

    "Kalau kita punya bapak diabetes kemungkinan 25 persen, kalau bapak ibu dua-duanya diabetes, kemungkinan kita diabetes 50 persen Tapi kalau bapak ibu punya orangtuanya diabetes, tidak mesti diabetes. Makanya ada acara ini kita harus beat diabetes. Fakta, diabetes dari faktor keturunan," jelas dia.


    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 08:41

    Inspirasi Hidup Sehat dari Orang Terdekat

    Pemenang L-Men 2019 Raditya Wahyu Suseno mengaku belajar hidup sehat dari neneknya yang menderita diabetes. Raditya menyemagati para diabetasi untuk tetap menjaga pola makannya.

    "Diabetes bukan akhir dunia masih bisa sehat asal menerapkan pola hidup sehat dan terkontrol. Diabetes masih bisa makan manis asal pilih-pilih sumber manisnya. Saya biasanya kasih support nenek dengan mengantarnya ke rumah sakit dan mengingatkan pola makannya," kata Raditya yang merupakan mahasiswa STEI Tazkia Sentul.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Rosmha Widiyani
  • 08:06

    Emak-emak Antusias Senam Sehat Khusus Diabetes

    Kampanye #BeatDiabetes resmi dibuka oleh Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim dan dr. Dante Saksono Harbuwono dari RSCM dengan memecahkan balon bertuliskan diabetes. Selesai dibuka, para peserta yang merupakan emak-emak ini pun melakukan senam sehat khusus diabetes dengan kompak.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa
    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 07:26

    Nenek 77 Tahun Semangat Ikut Fun Walk Beat Diabetes

    Mbah sonem (77) , nenek asal Yogyakarta tetap antusias mengikuti kampanye #BeatDiabetes dan fun walk di Lapangan Banteng. "Tujuan ikut biar tetep sehat dan kuat. Saya nggak punya diabetes tapi punya darah rendah dan jantung," katanya sambil mengacungkan jempol.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Rosmha Widiyani
  • 07:20

    Si Ganteng Ini Pimpin Fun Walk Emak-emak di Beat Diabetes

    Ada yang menarik di kampanye #BeatDiabetes 2019, saat funwalk terselip Raditya Wahyu Suseno, pemenang L-Men of The Year 2019. Sontak saja kehadirannya menambah penyemangat emak-emak yang mengikuti funwak bertema melawan hoax kesehatan terkait diabetes.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 07:08

    3 Ribu Peserta Ikuti Fun Walk Tangkal Hoax Diabetes

    Ribuan peserta sudah menyemut untuk mulai funwalk. Mereka tampak bersemangat dan akan melalui 1.6 km dalam waktu sekitar 30 menit. Semua dilakukan untuk mengampanyekan melawan hoax kesehatan terkait diabetes di Hari Diabetes Nasional 2019. Fun walk ini dilepas oleh Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim dan dr. Dante dari RSCM

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Rosmha Widiyani

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 06:37

    Panitia menyebut peserta cukup membayar tiket sebesar Rp 50 ribu untuk mengikuti fun walk ini dan mendapatkan snack, produk serta kaos.

    "Jumlahnya kalau semuanya peserta ada sekitar 3 ribu orang," kata Kultum selaku panitia.

    Kultum mengatakan para peserta berasal dari berbagai komunitas, seperti komunitas senam di seluruh wilayah Jakarta.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 06:19

    Peserta Berharap Beat Diabetes Bisa Kampanye Turunkan Risiko Diabetes

    Seorang peserta bernama Nita (42) dari Matraman mengatakan sengaja datang ke acara ini untuk menambah pengetahuannya soal diabetes.

    "Soalnya kan takutnya kan kita umur kita gak tau kan, soalnya kan tambah lama gula darah kita makin tinggi makanya ikut ini saya pengen tahu, pengen pakai produk-produknya," katanya kepada detikcom di lokasi.

    Beat Diabetes 2019 Bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak

  • 05:58

    Peserta#BeatDiabetes mulai berdatangan dan memadati Lapangan Banteng. Berseragam kuning merah dan bertuliskan #BeatDiabetes mereka tampak antusias mengikuti fun walk tersebut.

    Beat Diabetes 2019 bersama Darius SinathryaFoto: Akfa Nasrulhak
  • 21:58

    Banyak Hoax Seputar Kesehatan, Tangkal Bareng Darius Sinathrya Yuk!

    Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional yang jatuh pada 12 Juli 2019, Tropicana Slim mengajak masyarakat untuk melawan hoaks kesehatan khususnya terkait diabetes. Dengan menghadirkan aktor Darius Sinathrya, Tropicana Slim akan mengadakan kegiatan cek gula darah, senam bersama, serta festival makanan dan minuman sehat. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kampanye pencegahan diabetes bertajuk #BeatDiabetes.

    Sementara untuk menangkal hoaks yang berseliweran seputar diabetes, Tropicana Slim bekerja sama dengan rumah sakit, praktisi kesehatan, restoran/kafe, retailer, komunitas kesehatan serta masyarakat.

    "Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini memungkinkan informasi tersebar begitu cepat, termasuk informasi kesehatan. Sayangnya, banyak informasi tersebut yang keliru atau biasa disebut hoaks, sehingga sangat berpotensi merugikan masyarakat," ungkap Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/7/2019).

    Laporan Kominfo tentang Temuan Konten Hoaks menyatakan bahwa hoaks kesehatan menempati peringkat kedua terbanyak setelah hoaks politik, yaitu sebanyak 126 hoaks kesehatan sepanjang Agustus 2018-Februari 2019 (7 bulan).

    "Kami melakukan edukasi kepada para peserta #BeatDiabetes, berkolaborasi dengan narasumber terpercaya yaitu dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM untuk mengupas berbagai hoaks kesehatan yang beredar di masyarakat," imbuhnya.

    Beat Diabetes 2019 bersama Darius SinathryaFoto: tropicana slim

    Menurut dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi penyandang diabetes telah naik menjadi 8,5%, dari 6,9% (Riskesdas
    2013). Selain itu, menurut data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017, sebanyak 10,3 juta jiwa masyarakat Indonesia merupakan diabetesi, membuat Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi terbesar.

    "Beredarnya informasi hoaks kesehatan di masyarakat, termasuk tentang diabetes, tentunya dapat memperburuk kondisi yang ada. Inilah mengapa kami mengapresiasi usaha dari Tropicana Slim untuk terus mengedukasi masyarakat agar lebih cerdas dan berhati-hati dalam menanggapi berbagai isu kesehatan yang beredar di masyarakat, salah satunya melalui acara #BeatDiabetes ini," katanya.

    Ia menambahkan salah satu informasi yang sering keliru di masyarakat adalah terkait pemanis rendah kalori. Nyatanya, pemanis rendah kalori sebagai pengganti gula pasir sudah lazim dipakai sebagai alternatif pengganti gula, serta mendapatkan izin edar dari BPOM, sehingga sudah terbukti aman dikonsumsi.

    "Menurut anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas maksimum konsumsi gula seseorang hanya 4 sendok makan per hari. Hadirnya pemanis rendah kalori dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang perlu membatasi asupan gula hariannya," pungkasnya.

    Agar tahu seputar informasi akurat seputar diabetes, yuk ikutan #BeatDiabetes yang akan diselenggarakan besok di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu, (14/7/2019).

    Acara ini melibatkan kurang lebih 20.000 peserta dari berbagai penjuru Tanah Air dan diadakan serentak di 33 kota di Indonesia, yang meliputi Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Purwokerto, Jogja, Surabaya, Malang, Kediri, Medan, Padang, Pematangsiantar, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Makassar, Manado, Palu, Bone, Gorontalo, Denpasar, Mataram, Ambon, hingga Jayapura.